Inilah maksud istilah "DIN" pada head Unit Mobil

 

Sumber Gambar: autowise.com


        Sebuah mobil tentunya tidak akan lengkap tanpa hadirnya fitur head unit di dalamnya. Tanpa adanya headunit, berkendara di dalam mobil akan terasa membosankan karena tidak ada hiburan selama perjalanan. 

     Seseorang biasanya pada saat membeli sebuah mobil, tentunya melihat fitur apa saja yang terdapat pada mobil tersebut. Salah satunya ialah fitur head unit. Pada saat melihat fitur head unit, tentunya kita melihat istilah DIN pada head unit tersebut. Lalu, apa itu istilah DIN pada head unit?

   DIN merupakan kata singkat dari Deutsches Institut  für Normung yang merupakan salah satu lembaga asal Jerman yang mengagas standarisasi sistem audio pada kendaraan. Sebenarnya, standarisai ISO (International Organization for Standardization) dapat digunakan dalam standarisasi sistem audio pada kendaraan. Namun, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengadopsi standarisasi DIN untuk menetapkan standarisasi ukuran head unit kendaraan.

   Head unit memiliki 2 jenis pengukuran DIN. Pertama ialah single DIN. Single DIN merupakan Head Unit yang memiliki ukuran 180 x 50. Kedua ialah double Din. double DIN merupakan head unit yang memiliki ukuran yang lebih besar dari single DIN, yaitu sebesar 180 x 100. Tentunya head unit single DIN dan double DIN memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penyedia hiburan di dalam mobil.

  Untuk soal fitur, tentunya head unit double DIN memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang head unit single DIN karena ukurannya yang lebih besar. Head unit double DIN pada masa kini memiliki fitur layar sentuh dan juga dapat memutar video. Bahkan head unit double DIN yang tersematkan pada mobil masa kini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android sehingga head unit bisa digunakan untuk menjelajahi internet. Beberapa head unit double DIN yang beredar sebenarnya masih ada yang belum dilengkapi dengan fitur layar sentuh dan pemutaran video. Tetapi, head unit double DIN jenis ini mulai ditinggalkan karena beberapa masyarakat berpikir bahwa head unit yang hanya bisa memutar musik dan radio lebih baik diadopsi pada head unit single DIN.

  Walaupun begitu, fitur head unit single DIN dan double DIN pada masa kini juga memiliki kesamaan fitur, yaitu terdapat fitur Aux-in,  Bluetooth, Radio FM, dan juga fitur pemutar CD. Sebenarnya, head unit single DIN juga ada yang dilengkapi dengan fitur layar sentuh. Tetapi, fitur tersebut masih jarang di adopsi pada head unit single DIN.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama