Yuk Intip Spesifikasi dari Toyota C Pod, Mobil Listrik Mungil Terbaru Lansiran Toyota.

 


       Pada hari Jumat, 25 Desember 2020, Toyota Motor Corporation Jepang meluncurkan mobil listrik kompak yang diberi nama C Pod. Untuk sementara, mobil ini dijajakan untuk pasar fleet alias untuk kebutuhan korporat, pemerintahan, dan bebreapa organisasi yang sudah ditentukan. Baru kemudian pada tahun 2022 mobil ini dijajakan untuk masyarakat luas.

      Toyota C Pod ini hanya berkapasitas 2 penumpang saja karena mobil ini hanya memiliki dimensi sebesar 2.490 mm (panjang), 1.290 mm (lebar), dan 1.550 mm (tinggi). Dengan dimensi sekecil itu, mobil ini bisa melakukan radius putar sebesar 3,9 meter. Untuk berat keseluruhan dari mobil ini, beratnya ialah mencapai 690 Kg untuk tipe G dan 670 Kg untuk tipe X. 

      Untuk penggeraknya, mobil ini digerakkan oleh motor listrik dengan tenaga sebesar 12,3 hp dengan torsi maksimum hingga 56 nm. Motor listrik tersebut dikawinkan dengan baterai Lithium ion dengan kapasitas sebesar 51 Ah / 177,6 Volt / 9,06 kWh. Dengan baterai kapasitas tersebut, mobil ini bisa menempuh jarak hingga 150 km dengan waktu pengisian daya paling cepat selama 5 jam.


     Kemudian pada sisi interior, warna hitam menguasai hampir semua sisi interior yang kemudian di dampingi oleh warna body color di bagian dashboardnya. Lebar interior yang hanya sebesar 1.100 mm menjadikan mobil ini lebih terkesan minimalis sehingga orang dewasa yang ber\badan besar bisa saja duduk berdempetan di dalam mobil ini karena tidak tersedianya bagian konsol tengah. Pihak Toyota sengaja memilih bahan dashboardnya yang full terbuat dari plastik keras dan kursinya yang terbuat dari fabric agar memperingan berat mobil walaupun itu terkesan kurang nyaman. Demi menambah kesan minimalis, cluster meter dan berbagai tombol pengaturan pada mobil ini diletakkan di bagian tengah dashboard. Selain itu, untuk tempat penyimpanan hanya disediakan cup holder sebanyak 2 buah dan satu glove box di bagian depan penumpang. Mungkin beberapa dari anda sudah tidak asing dengan desain setirnya yang mirip dengan yang diaplikasikan oleh salah satu mobil terlaris Toyota Indonesia.

       Walaupun mobil ini hanya diperuntukkan untuk perjalanan jarak dekat, fitur safety yang tersematkan pada C Pod ini terbilang lengkap seperti dual airbags, pre-coliison system, dan juga  Intelligent Clearance Sonar dengan Parking Support Brakes.

        Untuk soal harga, C Pod ini ditawarkan dengan harga mulai dari 1.650.000 Yen atau sekitar Rp 225 juta untuk tipe G dan 1.716.000 Yen atau sekitar Rp 235 juta untuk tipe X. Harga tersebut sudah termasuk adanya insentif pajak dari pemerintah Jepang. Dengan harga segitu, tentunya itu tergolong mahal bagi masyarakat Indonesia untuk meminang mobil tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama