Mahindra Bolero SUV, The Indian G Class Wannabe

 

      Pada akhir tahun lalu, Mahindra Indonesia meluncurkan Bolero Maxituck yang merupakan sebuah pickup dengan daya angkut 1 ton yang paling populer di India. Banyak sekali mobil ini berkeliaran di India sana. Namun, yang penulis bahas kali ini bukan Bolero Maxitruck yang dirilis di Indonesia beberapa waktu lalu, tetapi Bolero versi SUV.

   Menurut beberapa orang, Bolero SUV ini merupakan salah satu copycat nya dari Mercedes Benz G Class karena bentuk bodinya yang benar-benar mengotak seperti G Class. Hanya yang membedakan antara Bolero SUV dengan G Class ialah bentuk grill dan headlamp dengan multi reflektor yang mengotak dan berdesain lebih sederhana dan berkesan retro modern jika dibandingkan dengan G Class. Selain itu, bentuk lampu belakang yang berbentuk persegi, lebih mengotak dan tidak dilengkapi dengan LED menjadikan kesan lebih sederhana tetapi maish memunculkan kesan retro modern. 

   Kemudian, dari segi interior, Mahindra Bolero SUV sama sekali tidak dilengkapi dengan bahan kulit seperti G Class pada bagian Dashboardnya. Aksen dashboard yang sederhana ala-ala '80an tetapi masih dapat memunculkan kesan elegan berkat warna beige yang dipadukan dengan panel bermotif kayu coklat di bagian tengah dan di sekitar kisi-kisi AC di bagian tepi kanan dan kiri dashboard. Panel instrumen full digital juga memunculkan kesan modern pada bagian dashboardnya. Selain itu, posisi setir yang dibuat agak tinggi dapat mendukung visibilitas dalam mengemudi. Kemudian, pada bagian panel pintu sudah dilapisi dengan kulit imitasi berwarna beige yang dipadukan dengan warna cokelat. Mobil ini mampu menampung hingga 7 penumpang yang dimana posisi kursi paling belakang diatur dengan posisi face to face. Kursinya juga dilapisi dengan bahan fabric dengan warna beige yang dipadukan dengan motif kotak-kotak di bagian tengahnya. 

   Terkait fitur safety dan kelengkapan lainnya, Mahindra Bolero SUV ini sepertinya tidak begitu menawarkan banyak. Ya, fitur safety pada mobil ini sudah terbilang lengkap seperti adanya fitur ABS, Airbag pada sisi pengemudi, Sensor parkir, immobilizer dan seat belt reminder. Tetapi kelengkapan kenyaman dan lainnya masih terbilang minim untuk mobil sekelasnya karena Mahindra Bolero SUV hanya dilengkapi dengan fitur single DIN audio, power steering yang tidak dilegkapi dengan tilt and telescopic, keyless entry, power windows, central locking, AC dengan pengaturan manual, dan colokan 12V.

   Untuk soal performa, Mahindra Bolero SUV dilengkapi dengan mesin Diesel mHawk75 dengan turbocharger berkapasitas 1500cc yang menghasilkan tenaga sebesar 76 HP. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. Mesinnya sudah memenuhi standar Bharat Stage 6 atau setara dengan Euro 6. Untuk konsumsi bahan bakarnya, Mahindra Bolero SUV ini termasuk irit karena konsumsi BBM-nya menunjukkan angka 16,7 Km per liter.

   Soal Harga, Mahindra Bolero SUV ditawarkan mulai dengan harga 7,64 Lakh atau sekitar 140 juta Rupiah dan harga yang paling mahal sekitar 9 Lakh atau sekitar 180 Juta Rupiah. Dengan harga segitu, Mahindra Bolero SUV sukses menjadi sala satu mobil penumpang terlaris buatan Mahindra di India sana.



   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama