Ternyata Mahindra memiliki Varian Kendaraan Komersial Daya Angkut Ringan, Akankah Masuk Indonesia?

 


        Pada akhir tahun 2020 kemarin, RMA Indonesia meluncurkan Mahindra Bolero Maxitruck sebagai pilihan dibawah Mahindra Scorpio. Dengan begitu, Mahindra Indonesia kini memiliki dua lini produk yang semuanya berstatus sebagai kendaraan komersial. Tapi tahukah anda kalau mahindra juga memiliki lini kendaraan komersial yang ukurannya lebih kecil dari Scorpio Pik Up dan Bolero Maxitruck? 

     Ya, Mahindra India memiliki varian kendaraan niaga ringan yang memiliki daya angkut ringan. Jika di Indonesia, pabrikan india yang menjual kendaraan niaga berdaya angkut ringan hanya Tata motors dengan produknya, Tata Ace EX2. Maka Mahindra juga memiliki kendaraan seperti itu walaupun hanya dirilis di beberapa negara di Asia Selatan seperti India dan Nepal. Namun, pihak RMA Indonesia sepertinya belum tertarik untuk memasarkan kendaraan komersial berdaya angkut ringan.

1. Mahindra Maxximo


              Mahindra Maxximo merupakan salah satu light truck mahindra yang memiliki daya angkut sebesar 850 kg. Ditenagai dengan mesin diesel 2 silinder berkapasitas 909 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 26 HP dengan torsi maksimal sebesar 55 Nm. Walaupun mesinnya hanya 2 silinder, tetapi mesin ini sudah dilengkapi dengan common rail CRDe sehingga lebih unggul dari rivalnya, Tata Ace. Selain varian pickup, Mahindra juga menghadirkan Maxximo dengan varian mini van yang dapat mengangkut hingga 8 orang orang. Untuk harganya, Mahindra Maxximo dibanderol mulai dari Rs 3.09 Lakh atau sekitar Rp 58 juta

2. Mahindra Supro



       Bisa dibilang kalau Mahindra Supro ini merupakan penyempurnaan dari Mahindra Maxximo karena mesinnya yang sudah mengalami peningkatan tenaga menjadi 45 HP karena penambahan teknologi Direct Injection pada mesin dieselnya. Dengan penambahan tenaga mesin, daya angkut dari Supro ini dapat mencapai 1 ton. Selain itu, pengubahan grille depan menjadi lebih modern menjadikan desain mobil ini menjadi lebih fresh dibandingkan dengan Maxximo. Dibanderol mulai dari Rs 5.24 Lakh atau sekitar Rp 99 jutaan untuk varian mini truck, Rs 5.29 Lakh atau sekitar Rp 100 jutaan untuk varian mini van, dan yang paling mahal Rs 6.43 Lakh atau sekitar Rp 122 jutaan untuk varian maxi truck.

3. Mahindra Jeeto


        Mahindra Jeeto merupakan salah satu light commercial vehicle yang daya angkutnya lebih ringan dari Mahindra Maxximo dan Supro. Yakni hanya maksimal seberat 700 kg. Mobil ini tidak bisa membawa barang yang lumayan berat karena Mahindra Jeeto ini hanya ditenagai dengan mesin diesel satu silinder berkapasitas 625 cc bertenaga 16 HP dengan torsi sebesar 38 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi manual 4 percepatan. Desain eksterior dan interiornya simpel tidak neko-neko tetapi siluetnya sudah mengikuti perkembangan zaman dan selera pasar di India sana. Harga yang ditawarkan mulai dari Rs 3.80 Lakh atau sekitar Rp 72 Jutaan.

4. Mahindra Gio


     Mahindra Gio merupakan salah satu produk mahindra yang perawakannya seperti bajaj. Tapi bedanya ini menggunakan roda sebanyak 4 buah. Jadi konsepnya ialah menggabungkan daya guna sebuah bajaj dengan pengalaman berkendara seperti mobil pada umumnya. Bentuk interiornya sederhana seperti sebuah bajaj tetapi dengan setir bulat seperti mobil dan kabin yang lebih lebar dibandingkan dengan sebuah bajaj. Mesinnya juga berkapasitas tidak lebih dari 500 cc alias hanya sebesar 441 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 9.1 HP saja sehingga daya angkutnya hanya sebesar 510 Kg saja. Mahindra Gio ditawarkan dengan harga mulai dari Rs 2.2 Lakh atau sekitar Rp 41 Juta. Namun sayangnya, Mahindra Gio sudah discontinue.

    

   

         

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama