Suzuki Carry merupakan salah satu Pick Up andalan Suzuki yang sudah beredar selama puluhan tahun. Berbagai macam usaha dari yang level kecil sampai menengah ke atas mengandalkan mobil ini sebagai armada usahanya karena sudah terbukti andal di berbagai kondisi jalanan Indonesia selama bertahun-tahun.
Salah satu faktor mengapa mobil ini begitu digandrungi sejak lama ialah ketangguhan mesinnya. Sejak zaman Carry ST20 alias Carry Truntung, mobil ini begitu diperhitungkan ketangguhan mesinnya karena sudah terbukti irit dan dapat diandalkan untuk membawa beban berat. Dari semua seri Suzuki Carry yang sempat beredar di Indonesia, pasti menggunakan bahan bakar bensin. Namun apa jadinya jika Suzuki Carry terdapat varian mesin Diesel?
Suzuki Carry Diesel sebenarnya sudah ada. Tepatnya pada Super Carry yang beredar di beberapa negara seperti India, Filipina, dan Nigeria. Namun, Suzuki Super Carry buatan Maruti Suzuki India ini hanya bisa mengangkut muatan hingga 740 Kg saja. Beda jauh dengan new Carry Pick Up yang beredar di Indonesia yang bisa membawa muatan hingga 1 ton.
Hal itu terjadi karena Suzuki Super Carry India hanya menggunakan mesin diesel 2 silinder berkapasitas 800 cc dengan tenaga 31 HP. Beda jauh dengan New Carry PU Indonesia yang menggunakan mesin 1500 cc yang menghasilkan tenaga 95,5 HP sehingga bisa membawa muatan hingga 1 ton
Jika Carry Diesel 800 cc ini beredar di Indonesia, kemungkinan akan bersaing dengan Tata Ace Ex2 karena konfigurasi mesin yang sama, yakni 2 Silinder Diesel. Namun kemungkinan Super Carry Diesel 800 cc ini akan sedikit lebih unggul dari Tata Ace Ex2 dari sisi tenaga mesin karena perbandingan tenaganya yang sangat terpaut jauh. Lebih tepatnya lebih unggul 16 HP karena Tata Ace Ex2 ini menggunakan mesin 700 cc 2 Silinder yang menghasilkan tenaga 15 HP saja. Namun dari sisi daya angkut, Super Carry Diesel 800 harus tunduk kepada Tata Ace Ex2 karena Tata Ace Ex2 memiliki daya angkut lebih unggul 240 Kg dari Carry Diesel 800 cc.
Namun, sepertinya Super Carry Diesel 800 ini tidak akan laku di Indonesia karena masyarakat lebih menyukai mesin yang bisa membawa barang hingga 1 Ton dan tenaga yang besar. Oleh karena itu, terdapat satu alternatif lain untuk mesin Carry Diesel jika akan dirilis di tanah air.
Alternatif lain tersebut ialah mesin D13A yang digunakan pada Suzuki Ertiga Diesel dan DFSK Super Cab Mesin ini sudah terbukti andal bisa membawa beban banyak karena tenaganya yang mencapai 1 Ton. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan mesin ini pada DFSK Super Cab dengan pengujian membawa beban hingga 1 Ton dengan mesin yang menggunakan bahan bakar solar biasa. Alhasil, mesin tidak memiliki masalah yang berat. Hanya saja jika ingin memakai solar murah, maka pemilik harus rajin membersihkan filter solarnya.