Toyota GR Yaris, Yaris Road Legal Spek Balap

 

          Seperti yang kita ketahui, Toyota Yaris merupakan salah satu hatchback lansiran toyota yang digandrungi anak muda. Mulai dari Yaris 'Bakpao' sampai Yaris 'Joker', rata-rata menggunakan spesifikasi standar yang diperuntukan untuk mobil perkotaan. Namun, apa jadinya jika Toyota membuat Yaris road legal dengan spesifikasi balap? Inilah jadinya, Toyota GR Yaris.

       Toyota GR Yaris merupakan versi high performance dari Toyota Yaris Generasi ke 4 (XP120). Pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Auto Saloon pada 2020, GR Yaris menyasar orang-orang yang membutuhkan hatchback kecil dengan performa tinggi.

DImensi GR Yaris

     GR Yaris ini memiliki dimensi sebesar 3995 mm (Panjang), 1805 mm (Lebar), dan 1455 mm (Tinggi). Selain itu, GR Yaris memiliki wheel base sepanjang 2560 mm, ground clearance setinggi 124 mm, dan berat mencapai 1280 kg.

Eksterior GR Yaris

       Kesan garang pada mobil ini terpancar pada mobil ini terpancar dari desain bagian depan yang agresif karena desain bumper yang dipadukan dengan aksen hitam serta lubang intake yang terbilang besar.

          

     Kemudian pada bagian belakangnya terdapat desain stoplamp berbentuk C yang dilengkapi dengan lampu full LED. Selain itu, dua buah muffler yang tersematkan pada GR Yaris ini juga memperjelas bahwa mobil ini ialah mobil berperforma tinggi.

        GR Yaris ini hanya tersedia dalam varian 3 pintu saja demi mengurangi bobotnya sebagai mobil dengan performa tinggi. 

Interior GR Yaris

         Warna hitam mendominasi pada bagian interiornya, Terutama pada bagian dashboard yang menggunakan layout clutter free. Pada bagian setir kemudi, terdapat logo Gazoo Racing di spoke bagian bawahnya. Selain itu, semua tombol kontrol diletakkan dekat dengan pengemudi agar memudahkan pengemudi mengoperasikan fitur lainnya.

        Bagian kursinya juga mengadopsi warna hitam dengan headrest yang menyatu dengan bagian sandaran punggung. Material kulit kursinya dibuat dengan perpaduan antara kulit dan fabric yang dapat meningkatkan kenyamanan mengemudi.



       Pada bagian speedometer dan tachometernya, masih menggunakan sistem analog biasa dengan backlight berwarna putih. Multi Information DIsplay pada bagian tengah juga menampilkan informasi yang lengkap bagi pengemudinya seperti jumlah rata-rata konsumsi bahan bakar, tripmeter, kecepatan rata-rata, jarak tempuh total, serta informasi terkait dengan fitur Toyota Safety Sense.

Performa GR Yaris 

          GR Yaris ditenagai dengan mesin 1618 cc 3 Silinder berkode G16E-GTS berteknologi VVT-ie yang memang sengaja dirancang secara khusus untuk menjadi dapur pacu GR Yaris ini. Memiliki tenaga sebesar 271 HP dan torsi hingga 370 Nm, menjadikan mesin ini sebagai salah satu mesin 3 silinder yang paling bertenaga di dunia.

      Mesin tersebut mengeluarkan tenaga sebesar itu karena sudah dilengkapi dengan turbocharger serta teknologi D-4ST (Direct Injection 4-stroke Turbo) yang mengatur sistem dual injector yang dimiliki mesin ini untuk mendongkrak tenaganya hingga sebesar itu.

     Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut kemudian disebarkan dengan transmisi manual 6 percepatan berteknologi IMT. Agar tenaganya tersalurkan dengan optimal, pihak toyota menerapkan penggerak 4WD 'GR-Four'. Terdapat pula 3 mode berkendara pada GR Yaris ini, yakni Track, Normal, dan Sport.

Suspensi dan Kaki-Kaki GR Yaris

    GR Yaris sudah dilengkapi dengan suspensi berjenis MacPherson strut generasi baru pada bagian depannya dan juga suspensi trailing double wishbone pada bagian belakangnya. Semua suspensi yang dilengkapi pada GR Yaris ini dirancang agar dapat memaksimalkan cengkeraman ban untuk memberikan kemampuan menahan jalan yang lebih baik.

Untuk remnya, menggunakan rem ventillated disc dengan diameter sebesar 356 mm. Sementara, ban menggunakan ukuran 225/40 R18 yang dipadukan dengan pelek alloy sebesar 18 inci buatan BBS 

Fitur lain GR Yaris


      Sistem entertainment pada mobil ini juga tidak main-main. Pihak toyota melengkapi mobil ini dengan headnunit sebesar 8 inci buatan JBL yang sudah dilengkapi dengan koneksi Android Auto dan Apple car. Headunit ini juga didampingi dengan sistem audio premium buatan JBL.

     Untuk soal keamanan, GR Yaris sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang meliputi fitur Emergency Steering Assist, Lane Trace Assist (LTA), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), Road Sign Assist (RSA) dan Automatic High Beam (AHB).

     Selain itu, GR Yaris juga dilengkapi dengan ISOFIX pada  2 bagian tempat duduk belakang dan juga 6 buah airbag.

Warna GR Yaris


         GR Yaris memiliki 4 varian warna. Yaitu Super White II, Super White II, Emotional Red II, dan Precious Black Pearl.

Harga GR Yaris

     Untuk Harga pasar Indonesia, sampai sekarang belum diumumkan secara resmi. Namun, diprediksi harga jualnya mencapai 800 Juta Rupiah. Itu lebih murah dari harga yang ditetapkan oleh negara-negara Asia tenggara lainnya seperti Thailand yang mematok GR Yaris Seharga 1,2 Miliar Rupiah dan Malaysia seharga 988 Juta Rupiah

    






       

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama