Hyundai Santa Fe Facelift 2021, Desain dan Fitur Semakin Agresif

   

   Hyundai Santa Fe merupakan salah satu pilihan  SUV lansiran Hyundai yang menganut kelas dibawah kelas yang dianut oleh Palisade. Pada 7 April 2021, akhirnya Hyundai Mobil Indonesia meluncurkan Santa Fe facelift dengan beberapa penyegaran pada bagian eksterior dan interiornya serta tidak lupa penambahan beberapa fitur untuk meningkatkan valuenya di kelas SUV.

Dimensi Hyundai Santa Fe 2021

    Dari segi dimensi, rupanya Santa Fe 2021 ini memiliki beberapa peningkatan. Kini Santa Fe 2021 memiliki Panjang sepanjang 4.785 mm, lebar selebar 1.900 mm, tinggi setinggi 1.710 mm (dengan roof rack), serta Ground clearance yang justru menyusut tingginya menjadi 176 mm.

Eksterior Hyundai Santa Fe 2021

    Mungkin beberapa orang mungkin menganggap bahwa bahasa gaya terbaru Hyundai agak terlalu berlebihan untuk selera mereka, tetapi pabrikan mobil Korea Selatan tersebut terus berusaha  menawarkan beberapa kendaraan yang tampak paling mencolok di pasar. Santa Fe baru tentu tidak berbeda dan persaingan pasti akan diperhatikan.

  Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perubahan mencolok yang terletak pada bagian depan yang dimana bagian grille kini dibuat seakan-akan menyatu dengan bagian foglampnya, walaupun pola-pola 3D lubang grillenya masih terlihat sama dengan model sebelumnya. Yang membuat unik pada grille dan foglampnya ialah pola T yang membentuk DRL LED nya seakan-akan bentuknya menyatu dengan bagian lampu atasnya. Selain itu, bagian bumper juga mengalami pengubahan desain.

  Bagian belakang juga diberikan sedikit penyegaran dengan penambahan reflektor yang menhubungkan kedua headlamp bagian belakang. Siluet pada bagian stoplamp juga mengalami perubahan yang dapat menghasilkan kesan lebar pada mobil ini. Bumper belakang mendapatkan sentuhan dinamis namun mnimalis. Tidak lupa, pada Santa Fe 2021 ini juga mendapatkan velg alloy two tone 18 inci desain baru.

Interior Hyundai Santa Fe 2021

  Interior mengadopsi warna two tone yang memberikan nuansa elegan di dalamnya. Kini, tuas persneling tidak lagi menggunakan model tuas, melainkan model tombol seperti yang digunakan pada mobil-mobil premium lainnya.

  Pada tipe prime dan signature, kini mengadopsi cluster instrumen digital yang menggunakan format LCD 12,3 inci yang dapat berubah warnanya sesuai dengan  mode berkendara. Selain itu, Santa Fe ini juga dilengkapi dengan panoramic sunroof yang dapat menambah kesan lega ketika penutupnya dibuka.

  Agar interiornya dapat terlihat lebih ekslusif, kini Santa Fe 2021 dilengkapi dengan ambient light yang dapat mengeluarkan warna sebanyak 64 warna yang dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Walaupun interiornya terlihat lebih ekslusif, tetapi jok di dalamnya masih bisa diatur untuk 7 penumpang.

Performa Hyundai Santa Fe 2021

   Performa pada Santa Fe model ini rupanya juga mendapatkan peningkatan. Bahkan varian mesin bensinnya mendapatkan peningkatan kapasitas mesin. Varian mesin bensin kini menggunakan mesin Theta III 2.5 MPI berkapasitas 2497 cc berteknologi MPI yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 180 PS serta torsi sebesar 232 Nm. 

  Sementara, untuk varian dieselnya menggunakan mesin R 2.2 CRDi berkapasitas 2200 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 202 PS serta torsi sebesar 440 Nm.

  Untuk transmisinya, rupanya kedua mesin ini dibedakan tipe transmisinya. Varian mesin bensin menggunakan transmisi otomatis 6 percepatan. Sementara, untuk varian diesel menggunakan transmisi DCT (Kopling ganda) 8 percepatan.

Fitur Safety Hyundai Santa Fe 2021

    Pada model facelift kali ini, Santa Fe dibekali dengan berbagai peranti sensor keamanan di dalamnya. Salah satunya ialah fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Sistem sensor ini akan secara otomatis memberikan peringatan potensi risiko tabrakan dari arah depan. Dan jika akan terjadi benturan, maka sistem komputer akan secara otomatis mengaktifkan rem.

   Selain itu, juga tersedia fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) yang dapat menngobservasi kendaraan yang datang dari belakang. Fitur ini juga terbilang membantu ketika pengemudi sedang melakukan parkir paralel. Sama seperti fitur FCA, fitur ini akan mengaktifkan rem secara otomatis jika akan terjadi suatu benturan.

   Fitur-fitur sensor keamanan lainnya yang terpasang pada Santa Fe 2021 ini ialah  Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Electric Child Lock (ECL), Safe Exit Assist (SEA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), serta Rear Occupant Alert (ROA) dengan High Beam Assist. Namun kebanyakan fitur sensor canggih tersebut hanya tersedia pada varian Prime dan Signature.

  Walaupun tipe Style tidak mendapatkan peranti sensor keamanan selengkap tipe diatasnya, tetapi sebagai SUV dengan kualitas premium, tentunya Santa Fe ini tidak meninggalkan fitur keamanan standar lainnya seperi Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Electronic Stability Control (ESC), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), 6 buah Airbag, serta tidak lupa Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Fitur-fitur ini tersedia di semua tipe.

Fitur Lain Hyundai Santa Fe 2021

     Untuk bagian headunitnya, sepertinya untuk versi Indonesia akan tetap memakai headunit sebesar 8 inci dengan model floating. Headunit yang tersedia di seluruh tipe ini sudah dilengkapi dengan fitur konektivitas Android Auto dan Apple Carplay. Selain fitur tersebut, fitur standar lain juga tersedia pada headunit ini seperti AM/FM Radio, Input Multimedia via USB, Audio streaming via Bluetooth, serta hands-free phone system dengan fitur pengenal suara yang dioperasikan via Bluetooth. 

   Untuk memaksimalkan pengemudi dalam mengetahui daerah blind spot pada mobilnya,  Santa Fe 2021 menyediakan fitur Blind-Spot View Monitor (BVM) untuk menampilkan area blind spot di belakang maupun di samping mobil. Tampilan visual BVM akan ditampilkan pada panel cluster jika si pengemudi mengaktifkan lampu sein. Fitur ini mungkin akan sangat berguna jika pengemudi hendak berganti jalur berkendaranya. 

Pilihan Warna Hyundai Santa Fe 2021

    Untuk pilihan warnanya, Santa Fe 2021 memiliki varian warna yang lebih banyak dari model sebelumnya, yakni 5 pilihan warna. Namun, warna Horizon Red ditiadakan pada model kali ini. Oleh karena itu, pilihan warna dari Santa Fe 2021 ini antara lain:Phantom Black, Typhoon Silver, Glacier White, Magnetic Force, dan Lagoon Blue. Varian warna tersebut tersedia di semua tipe Santa Fe.

Harga Hyundai Santa Fe 2021

   Hyundai mulai mematok harga Santa Fe Bensin 2021 dengan harga Rp 569 Juta untuk varian Gasoline G 2.5 Style. Kemudian Rp 599 Juta untuk varian Gasoline G 2.5 Prime, dan  Rp 678 Juta untuk varian Gasoline G 2.5 Signature. 

   Sementara untuk varian dieselnya, mulai dipatok dengan harga Rp 630 Juta untuk varian Diesel D 2.2 Style, Rp 659 Juta untuk varian Diesel D 2.2 Prime, dan Rp 729 untuk varian Diesel D 2.2 Signature.

   Harga-harga tersebut merupakan harga OTR yang berlaku untuk daerah Jabodetabek sehingga harga daerah lain mungkin saja berbeda. Kenaikan harga mungkin akan diberi tahu kemudian.



  


  



   

   


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama