Kia Sonet 7 Seater, Kapasitas Bertambah Dimensi Tetap

 

      Kia Sonet merupakan salah satu SUV kelas Sub compact lansiran KIA yang memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 5 penumpang. Tidak puas dengan Sonet 5 Seater, KIA Indonesia akhirnya merilis versi 7 Seater dari KIA Sonet ini. KIA merilis Sonet 7 Seater bagi yang menginginkan Sonet dengan kapasitas yang lebih besar

Dimensi Kia Sonet 7 Seater

    Awalnya, penulis berekspetasi bahwa dimensi dari Sonet 7 seater ini lebih panjang dari versi 5 seaternya. Namun ternyata, dimensinya masih sama saja dengan versi 5 seaternya. Lebih tepatnya, Sonet 7 seater memiliki panjang sepanjang 4.120 mm, lebar selebar 1.790 mm, dan tinggi setinggi 1.615 mm. 

   Ground clearance dan wheel base masih sama juga dengan versi 5 seaternya. Yakni sepanjang 2.500 mm untuk wheelbase nya dan setinggi 205 mm untuk ground clearancenya.

Eksterior Kia Sonet 7 Seater

    Jika kita lihat lagi, maka hampir tidak ada perbedaan antara Sonet 5 seater dan 7 seater dari segi eksteriornya.  Yang membedakan bagian eksterior antara versi 5 seater dan 7 seater ialah tiadanya bagian sunroof dan berpindahnya posisi ban serep yang kini berada di bagian bawah belakang mobil. 

   Bagian grille pada bagian depan masih mengadopsi desain Tiger Nose khas KIA dengan lubang-lubang bermotif honeycomb. Lampu depan dibuat sipit dengan lekukan mengikuti alur kap mesin sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED serta DRL.

   Bagian belakangnya juga sama sekali tidak ada perbedaan. strip reflektor yang menghubungkan dua unit lampu belakang menambah kesan modern pada mobil ini. Ada aksen reflektor yang mengapit bumper bawah secara horizontal menjadi pelengkap tampilan belakang mobil ini.

   Versi 5 seater dan 7 seater juga sama-sama dilengkapi dengan roof rail rail guna memudahkan ketika membawa barang di atas atap, serta juga sama-sama menggunakan velg 16 inci alloy bergaya crystal cut.

Interior Kia Sonet 7 Seater

     Tentu saja yang membuat beda sisi interior dari Sonet 7 seater ini ialah hadirnya jok pada baris ketiga. Tetapi sayangnya, kapasitas bagasi otomatis akan menghilang jika jok baris ketiga didirikan. Jadi, jika akan membawa 7 orang dan juga membawa barang bawaan yang banyak, mau tidak mau pemilik mobil harus menambahkan roof rack sebagai bagasi tambahan.

    Hilangnya fitur sunroof pada Sonet 7 Seater ini juga sebenarnya bukan tanpa alasan. Fitur ini sengaja dihilangkan karena hadirnya fitur air blower di bagian plafon mobil. Fungsinya sama seperti yang diadopsi oleh Calya Sigra, yakni untuk meneruskan hembusan AC bagian depan saja.

   Perbedaan juga terdapat pada format jok di baris kedua. Pada Sonet 7 seater, jok baris kedua dibuat lebih tipis dari versi 5 seater. Ini sengaja dirancang seperti itu karena untuk memaksimalkan ruang kaki pada baris ketiga. Namun jadinya jok baris kedua ini terkesan lebih keras dan bisa membuat pegal badan jika di duduki dalam waktu lama.

Performa Kia Sonet 7 Seater


   Mesin yang digunakan pada Kia Sonet 7 Seater ini juga sama dengan versi 5 seater. Ia menggunakan mesin Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 115 PS dan torsi sebesar 144 Nm.

   Mesin ini dapat dikawinkan dengan 2 pilihan transmisi. Yakni manual 6 percepatan dan Intelligent VT.

Fitur Safety Kia Sonet 7 Seater

   

   Fitur safety yang ada pada Sonet 7 Seater ini juga terbilang mumpuni di kelasnya. Sama seperti versi 5 seater, Sonet 7 Seater dilengkapi dengan menggunakan 6 buah airbag pada tipe Premiere 7 IVT, sementara tipe-tipe dibawahnya menggunakan fitur dual airbag pada bagian depan sisi pengemudi dan sisi penumpang samping pengemudi.

  Selain airbag, Sonet 7 Seater juga dilengkapi dengan ABS dengan EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist Control dan Emergency Stop Signal. Kelengkapan ini hanya tersedia pada tipe diatas Standard 7 MT. Untuk tipe Standard 7 MT sendiri hanya dilengkapi dengan ABS, EBD, & BAS.

Fitur Lain Kia Sonet 7 Seater

    Pada varian tertinggi dari Sonet 7 seater, Kia membekalinya dengan headunit sebesar 10,25 inci LCD. Headunit ini lebih besar dari yang diterapkan pada versi 5 seater yang mengadopsi headunit sebesar 8 inci. Headunit ini juga sudah dilengkapi dengan fitur Apple carplay dan Android Auto serta fitur navigasi. 

   Sementara untuk varian dibawah Premiere 7 IVT. tetap dibekali dengan headunit 8 inci yang sama dengan yang diadopsi oleh Sonet 5 seater. Headunit ini juga sudah dilengkapi dengan Koneksi Bluetooth Multiple, Voice recognition, Koneksi USB AUX, serta koneksi Android Auto & Apple Car Play.

   Namun sayangnya, pada varian 7 seater ini, Kia tidak membekalinya dengan speaker keluaran Bose dan mood light, Padahal fitur ini bisa saja mendongkrak value dari Sonet 7 Seater ini.

    Pada varian tertinggi, juga disediakan fitur wireless charging port dengan pendingin untuk smartphone dengan fitur wireless chargiing dan juga fitur remote start engine yang bisa menyalakan mesin dengan hanya menekan sebuah tombol di remote control.

Pilihan Warna Kia Sonet 7 Seater

   Sama dengan versi 5 seaternya, Sonet 7 Seater juga menawarkan 6 varian warna. Varian warna tersebut antara lain: Iron Grey, Intelligency Blue, Glacier White Pearl, Beige Gold, Intense red, dan Aurora Black Pearl.

Harga Kia Sonet 7 Seater

   Untuk harganya, Kia Sonet 7 Seater ini mulai dibanderol dengan harga Rp 199,5 Juta untuk varian  Standard 7 MT. Kemudian Rp 245.5 Juta untuk varian Smart 7 MT, Rp 258.5 untuk varian Smart 7 iVT, Rp 272 Juta untuk varian Dynamic 7  iVT, dan yang termahal Rp 296 Juta untuk varian Premiere 7 iVT.

   Harga tersebut merupakan harga On the road Jakarta sehingga setiap daerah mungkin berbeda-beda harga jualnya.

   

  

   

   

   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama