Renault Twizy, Mobil Elektrik Terkompak Lansiran Renault

  

   Renault Twizy Merupakan salah satu mobil lansiran Renault yang benar-benar menawarkan bodi yang kompak untuk digunakan meliuk-liuk di perkotaan serta dapat menjadi solusi kendaraan yang ramah lingkungan dan hemat biaya operasional karena menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya.

   Populer di negara-negara Eropa dan Korea Selatan, PT Maxindo Renault Indonesia rupanya juga tertarik untuk memasarkan mobil ini di Indonesia. Kemungkinan mereka menargetkan penjualan mobil ini kepada kaum komuter yang membutuhkan mobil ramah lingkungan yang dapat mudah meliuk-liuk di kemacetan jalan.

Dimensi Renault Twizy

   Dikarenakan mobil ini menawarkan kekompakan untuk digunakan di padatnya jalanan perkotaan, pihak renault merancang mobil ini sekompak mungkin. Mobil ini memiliki panjang 2,338 mm, lebar 1,234 mm, serta tinggi 1,454 mm. Untuk wheelbase memiliki panjang 1,686 mm dan ground clearance setinggi 120 mm.

Eksterior Renault Twizy

  Yang menonjol dari mobil ini ialah pada format peletakkan ban nya yang terpisah dengan bodinya alias mobil ini mengusung format open wheeler. Bagian bumper juga terlihat lebih maju ke depan karena di dalam bumper tersebut, terdapat modul beserta kabel khusus untuk mengisi daya dari Twizy ini serta tangki untuk menampung cairan pembersih wiper.

  Untuk menambah kesan mungil dari mobil ini, LED headlight dibuat mungil serta wiper yang hanya disediakan 1 buah saja. Tidak lupa aksen garnish hitam yang berhiaskan logo Renault juga disertakan pada bagian tengah antara kedua headlight dari Twizy ini.

  Pintu yang ada pada twizy ini juga mengadopsi model pembukaan yang unik. Twizy mengadopsi model bukaan scissor-gullwing yang dapat membuka hingga 90 derajat. Format bukaan ini merupakan format yang ramah pada kondisi perkotaan karena tidak membutuhkan ruang yang besar untuk membuka pintu.

   Tidak adanya kaca belakang pada eksterior belakang Renault Twizy membuat area ‘pod’ atas menjadi tempat bersemayam taillight berteknologi LED. Untuk lampu sein kiri-kanan untuk area belakang ditempatkan di bumper belakang, beserta ruang plat nopol yang uniknya berbentuk kotak.

Interior Renault Twizy

   DIkarenakan mobil ini mengutamakan ke kompakan, maka jangan harap anda menemukan hal-hal yang spesial dalam mobil ini karena ruang interior yang terbatas membuat fitur-fitur lain tidak akan muat di interior mobil ini. Alhasil mobil ini dibuat tanpa adanya AC bahkan fitur hiburan pun tidak tersedia di mobil ini.

  Pada bagian dashboardnya, hanya disediakan panel instrumen, tombol transmisi, dan beberapa penyimpanan kecil yang setidaknya muat untuk menaruh barang-barang kecil seperti dompet dan uang receh.

  Format tempat duduk yang diterapkan pada mobil ini ialah 1+1 yang dimana bangku penumpang diletakkan di bagian belakang bangku pengemudi. Namun kursi pengemudi tidak bisa direbahkan, tetapi bisa di maju mundurkan. Jika ingin menambah kapasitas bagasi, kursi penumpang bisa dilipat untuk meningkatkan kapasitas bagasi menjadi 190 liter.

Performa Renault Twizy

   Untuk urusan performa, Twizy digerakkan oleh motor listrik 3CG - electric asynchronous berteknologi Electric Direct Drive Technology yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 17 HP dan torsi semebsar 57 Nm. Tenaga dari motor listrik tersebut kemudian disalurkan melalui transmisi otomatis berteknologi gear reduction.

FItur Safety Renault Twizy

   Walaupun dari segi dimensi mobil ini lumayan kecil, tetapi fitur safety yang ditawarkan juga lumayan menjanjikan. Renault Twizy sudah dilengkapi dengan single airbag, seatbelt 3 titik untuk penumpang belakang, dan seatbelt 4 titik untuk pengemudi.

Fitur lainnya Renault Twizy

    Tidak ada AC maupun audio sebagai standar, hanya tersedia opsi Parrot Bluetooth hands-free kit. Renault pun hanya menyediakan slot 12v yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk pengisian daya baterai ponsel.

Pilihan Warna Renault Twizy

   Di luar Indonesia, pilihan warna dari Renault Twizy ini banyak sekali. Ada sekitar 45 pilihan warna yang bisa anda pilih untuk Twizy anda. Namun, pihak Maxindo Renault hanya memasukkan tiga pilihan warna untuk Twizy ini. Warna-warna tersebut antara lain: Putih (Snow White), Hitam (Diamond Black), dan Oranye (Flame Orange).

Harga Renault Twizy

   Dikarenakan pihak Maxindo Renault memasarkan Twizy ini dengan persediaan yang terbatas, maka mereka mematok mobil ini dengan harga Rp 408 jutaan. Namun jika anda memesannya melalui Tokopedia, maka anda akan mendapatkan diskon sebesar Rp 18 Juta. Sementara untuk pemesanannya, anda harus membayar DP sebesar Rp 50 Juta melalui Tokopedia.



  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama