Selain BMW, Rupanya Pabrikan Mobil Eropa Ini Juga Pernah Membuat Sepeda Motor

        Perusahaan pembuat sepeda motor asal Eropa mana yang anda kenali? Vespa? Aprilia? BMW? Ya, itu semua merupakan beberapa merek sepeda motor Eropa yang biasa dikenali oleh banyak penggemar sepeda motor di Indonesia. Biasanya yang memiliki motor-motor Eropa tersebut ialah orang-orang dari kalangan berduit karena harganya yang rata-rata tidak masuk di dompat kalangan orang biasa.

   Namun rupanya, ada beberapa perusahaan pembuat mobil asal Eropa selain BMW yang pernah membuat sepeda motor. Ada yang hanya sebatas developmental semata, ada pula yang sudah memasuki tahap produksi massal namun kurang begitu dikenali masyarakat.

1. Peugeot

      Perusahaan asal Perancis yang biasa memproduksi mobil seperti 208, 5008, dan lain sebagainya ini rupanya sampai saat ini juga memproduksi sepeda motor. Bahkan divisi sepeda motor dari Peugeot ini juga sempat hadir di Indonesia melalui APM Garansindo.

   100 persen dikendalikan oleh perusahaan Mahindra Motorcycles pada 2019, Peugeot pertama kali membuat sepeda motor pada tahun 1898 yang dimana sepeda motor pertamanya menggunakan mesin De Dion-Bouton yang dipasang di roda belakang. 

   Selama 100 tahun lebih berdiri, Peugeot Motorcycles sudah membuat puluhan model skuter dan moped. Baik yang beroda 2 maupun beroda 3. Produk-produknya dijajakan di lebih dari 50 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

  Peugeot Motorcycle di Indonesia sendiri sebenarnya sudah pernah hadir sejak dirilisnya Peugeot Bhama pada tahun 1983. Peugeot Bhama sendiri merupakan sepeda motor Hybrid bermesin 50cc yang pada saat itu dibanderol dengan harga Rp 500.000. Disebut motor hybrid disini bukan berarti ditenagai oleh mesin bensin dan motor  listrik. Tetapi Peugeot Bhama dapat ditenagai oleh mesin bensin dan pedal kayuh yang dioperasikan selayaknya sebuah sepeda.

  Namun kehadiran Peugeot Bhama sendiri tidak bertahan lama di Indonesia karena kurangnya minat masyarakat terhadap produk ini. Lebih tepatnya pada 1986, PT Putera Adhi Mulya selaku distributor dari Peugeot Bhama ini menyetop penjualannya.

  Mencoba kembali peruntungan di Pasar Indonesia, Peugeot Motorcycles kembali lagi pada 2015 dengan meluncurkan beberapa skuter matik. Salah satu diantaranya ialah Peugeot Django yang merupakan skuter matik berkapasitas 150 cc dan menjadi salah satu saingan dari skutik eropa lainnya seperti Vespa.

2. Ferrari

   Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa Ferrari hanya akan membuat berbagai model supercar selama perusahaan itu berdiri. Namun ternyata, perusahaan ini pernah mencoba membuat sebuah prototipe sepeda motor sport dengan basis motor MV Agusta. Sebut saja Ferrari 900.

   Guru dari MV Agusta, David Kay menulis surat kepada Piero Ferrari untuk meminta izin darinya untuk membangun sepeda motor Ferrari sekali saja untuk menghormati ayahnya, Enzo Ferrari yang telah meninggal beberapa tahun sebelumnya. Persetujuan pribadi Piero telah diterima, dan setelah 3.000 jam kerja selama empat tahun, sepeda motor Ferrari pertama dan satu-satunya di dunia diselesaikan pada tahun 1995, dan diresmikan pada Classic Bike Show tahun itu juga.

   Motor ini ditenagai oleh mesin buatan MV Agusta berkapasitas 900cc twincam yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 105 dk. Ferrari mengklaim bahwa motor ini bisa melaju hingga 265 km/jam.

   Setelah beberapa lama menyimpan sepeda sebagai benda koleksi seni di rumahnya, Kay menjual hasil karyanya kepada seorang kolektor. Motor itu kemudian ditawarkan untuk dijual di lelang Bonhams di Jenewa pada bulan Desember 2008 dengan perkiraan harga di kisaran £ 250.000- £ 290.000, dan kemudian ditawarkan lagi oleh Bonhams di Stafford pada bulan April 2012 di mana ia dijual seharga £ 85.500.

3. Lamborghini

   Seperti yang kita ketahui, Lamborghini merupakan salah satu produsen mobil yang biasa memproduksi beberapa model supercar tersohor seperti Huracan, Urus, Countach, dan lain sebagainya. Selain membproduksi mobil, perusahaan ini juga memproduksi Traktor. Namun tidak banyak orang tahu bahwa Lamborghini juga pernah memproduksi Superbike alias sepeda motor berperforma tinggi.

   Bekerjasama dengan produsen motor asal Perancis, Boxer, Lamborghini menciptakan Superbikenya yang diberi nama "Design 90". Diproduksi sebanyak 6 unit pada 1987, motot ini menggendong mesin Kawasaki GPZ1000RX 4 silinder yang dapat memuntahkan tenaga yang lumayan buas bagi sebuah sepeda motor, yakni 130 dk.

  Tidak hanya bagian mesinnya saja yang membuat tercengang, motor ini juga dilengkapi fitur yang wah seperti rangka handmade, tangki bensin aluminium, hingga shockbreaker depan-belakang yang benar-benar bisa diatur sesuai kebutuha.

  

   


  


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama