Ford F-150 Lightning, Pickup Listrik Full Size Yang Bisa Dijadikan Sumber Listrik Cadangan

 

   Ford F-150 merupakan salah satu mobil terlaris di Amerika Serikat dengan jumlah penjualan yang bisa mencapai puluhan ribu unit per-bulannya. Kesuksesan tersebut disebabkan karena Ford F-150 ini sudah terbukti ketangguhan serta konsistensi perkembangan teknologinya untuk berbagai kebutuhan pekerjaan selama 40 tahun lebih.

   Setelah meluncurkan model terbarunya beberapa bulan lalu, kini Ford Motor Corporation meluncurkan versi listrik dari F-150 ini yang diberi nama "Ford F-150 Lightning". Pihak Ford mengklaim bahwa F-150 Lightning adalah truk pickup serba listrik yang sangat mumpuni dan terjangkau bagi warga Amerika.

Desain Eksterior Ford F-150 Lightning

   Pihak Ford merancang F-150 Lightning tidak jauh dari F-150 Standar yang menggunakan motor bakar. Perbedaan paling mencolok ada di bagian depan dengan desain grille baru yang tetap mempertahankan desain persegi khasnya. Lampu strip DRL juga disertakan pada bagian grille dan bagian pertengahan antara kedua headlamp belakang sehingga itu akan membuat tampilannya semakin apik dan mencolok 

   Ford mengklaim  F-150 Lighting merupakan truk paling aerodinamis hingga saat ini, berkat side step yang didesain ulang, kap depan yang terdapat desain ukiran yang bertujuan untuk mengurangi hambatan udara, dan dimensi yang lebih kompak dibandingkan dengan truk di kelasnya. Bodinya juga terbuat dari besi aluminium yang biasa digunakan dalam pembuatan kendaraan militer.

   Untuk sementara ini, F-150 Lightning hanya akan ditawarkan dalam opsi double cabin yang dapat memuat hingga 5 penumpang. Namun, bukan tidak mungkin Ford juga akan merilis versi Single cabin dan juga Single cabin dengan sedikit kabin ekstra.

Interior Ford F-150 Lightning

   Ketika anda memasuki bagian interiornya, anda akan disambut dengan banyaknya unsur-unsur digital di dalamnya karena ini merupakan sebuah mobil listrik yang membutuhkan berbagai unsur digital di dalamnya walaupun format interiornya masih banyak kesamaan dengan F-150 standar.

   Pada beberapa tipe teratas seperti tipe Lariat dan Platinum, akan mendapatkan fitur SYNC 4 yang terintegrasi pada headunit layar sentuh 15,5 inci. Selain fitur sync 4, fitur seperti kontrol suara, navigasi yang terhubung ke cloud, dan akses nirkabel ke Apple CarPlay, Android Auto, dan Amazon Alexa juga sudah terintegrasi pada headunit tersebut. 

   Untuk memberikan kesan premium pada sound systemnya, Ford bekerjasama dengan Bang & Olufsen untuk menghadirkan dua sistem stereo premium opsional pada beberapa tipe tertingginya, satu dengan delapan speaker di tipe Lariat dan satu lagi dengan 18 speaker di tipe Platinum.

   Pengemudi juga akan menikmati panel instrumen full digital 12 inci yang dapat disesuaikan sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan. Permukaan kerja interior lipat opsional dan kursi yang dapat direbahkan sepenuhnya juga merupakan beberapa fitur standar dari F-150 standar yang tentunya tidak bisa dipisahkan dari F-150 Lightning ini..

Performa Ford F-150 Lightning

   Sebagai sebuah pickup full size yang dituntut untuk dapat membawa beban yang berat sekalipun, tentunya mobil ini harus deilengkapi dengan tenaga penggerak yang dapat memuntahkan tenaga yang besar pula. Ford F-150 Lighting ini memiliki 2 pilihan tenaga penggerak yang tentunya keduanya bertenaga listrik

    Versi tenaga penggerak yang terkuat ialah yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 563 hp dan torsi yang besar, yakni 775 lb-ft berkat motor gandanya. Jangkauan maksimum adalah 300 mil. Sementara versi standarnya ditenagai oleh motor penggerak yang dapat memuntahkan tenaga sebesar 426 hp dan torsi yang sama, meskipun jarak tempuhnya lebih rendah, yakni sejauh 240 mil. 

  Sebagai mobil pickup yang tangguh, tentunya penggerak all wheel drive sudah menjadi standar untuk F-150 Lighting ini. Kecepatan 0 hingga 100 km/jam diklaim dapat dicapai di kisaran 4,5 detik. 

   Untuk urusan suspensi, Ford F-150 Lighting memiliki suspensi belakang independen yang  menggantikan suspensi solid rear axle agar meningkatkan pengendaraan dan tingkat kenyamanan secara keseluruhan. 

Fitur lain Ford F-150 Lightning

   Pemilik juga akan dapat menggunakan F-150 Lightning mereka untuk tujuan lain selain mengemudi, ya sebagai sumber listrik alternatif genset. Sistem Ford Intelligent Backup Power dapat menyediakan daya lsitrik sebesar 9,6 kilowatt yang memungkinkan pemilik untuk menyalakan rumah mereka jika terjadi pemadaman listrik. 

    Sistem yang sama ini juga dapat digunakan untuk memasok daya untuk peralatan, elektronik, dan peralatan lain di luar rumah, seperti di lokasi konstruksi kerja, acara oudoor, dan lains sebagainya. 

   Lalu dimana pengguna dapat menggunakan sumber listrik cadangan dari mobil ini? Ya, pengguna bisa mengakses outlet elektrikal pada bagian kap bagian depan. Terdapat 4 buah outlet elektrikal dan beberapa port USB yang dapat menyalurkan listrik ke berbagai macam peralatan yang membutuhkan tenaga listrik.

     Ya, dikarenakan tiadanya mesin BBM pada mobil ini menjadikan kap bagian depan dimanfaatkan sebagai bagasi penyimpanan yang dapat memuat hingga 400 liter bagasi. Pihak Ford mengklaim bahwa bagasi depan tersebut sanggup memuat  dua tas jinjing, satu tas bagasi , dan dua set tongkat golf. Oh ya, kap mesinnya ini bisa dibuka tutup secara otomatis dengan smartphone melalui aplikasi Fordpass

Pilihan Warna Ford F-150 Lightning

   Pihak Ford memberikan 10 pilihan warna pada Ford F-150 Lightning ini. Pilihan warna tersebut antara lain: Atlas Blue, Star White, Rapid Red, Iced Blue Silver, Agate Black, Antimatter Blue, Carbonized Gray, Iconic Silver, Oxford White, dan Stone Gray. Untuk warna Star White dan Rapid Grey, para calon pengguna harus mengeluarkan biaya ekstra untuk mengaplikasikan warna tersebut pada mobilnya.

Harga Ford F-150 Lightning

  Untuk sekarang ini, Ford sudah membuka keran pemesanan untuk pasar Amerika Serikat yang dimana para calon pemilik dari mobil tersebut akan dikenakan biaya sebesar $100 Dollar untuk uang muka. 

  Untuk tipe standarnya (Pro) mulai dibanderol dengan harga dari $ 39.974. kemudian tipe XLT mulai dari $ 52.974. tipe Lariat mulai dari $59.000 Dan tipe tertingginya, Platinum dibanderol mulai sekitar $ 70.000. Harga mungkin akan berbeda-beda di tiap-tiap negara bagian di Amerika Serikat.

  F-150 Lightning dijamin oleh paket garansi yang sudah disediakan oleh Ford mencakup kebijakan garansi delapan tahun / 100.000 mil untuk komponen kendaraan listrik.

  Menurut info yang penulis dapatkan dari berbagai sumber, Ford berhasil mendulang sekitar 40.000 pemesanan F-150 Lightning hanya dalam waktu 2 hari saja. Namun, pengiriman kendaraan kepada konsumen baru akan dilakukan pada pertengahan tahun depan.
   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama