Akan Ada Saatnya Mobil Berukuran Kecil Merajai Penjualan Mobil Tahunan di Indonesia

        Mobil MPV sekelas Avanza dan Innova sudah menjadi selera masyarakat indonesia selama belasan tahun. Beberapa alasan mengapa mobil MPV merajai pasar otomotif indonesia ialah karena MPV dapat mengangkut lebih dari 5 orang dan juga dapat mengangkut barang yang banyak sehingga mobil ini sekiranya cocok dengan karakteristik warga indonesia yang seringkali membawa anggota keluarganya dan beberapa barang yang jumlahnya banyak untuk dibawa berkeliling keluar kota.

   Selain dapat memuat orang dan barang yang lumayan banyak, harga MPV juga bervariasi sehingga dapat menyesuaikan dompet yang dimiliki oleh masyarakat indonesia. Misalkan saja untuk dompet masyarakat menengah kebawah, lebih baik membeli MPV LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra, dan lain sebagainya. Kemudian masyarakat menengah keatas bisa membeli low hingga medium MPV seperti Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, dan lain sebagainya. Dan juga untuk masyarakat yang benar-benar berkecukupan bisa membeli MPV yang lebih bagus seperti Nissan Serena, Toyota Voxy, dan lain sebagainya.

  Namun disisi lain, perkembangan kota yang semakin pesat menjadikan makin susutnya lahan parkir dan jalanan yang tersedia. Contohnya saja Jakarta. Berbagai macam pembangunan disana tentunya membutuhkan lahan yang tidak sempit. Terkadang pula pembangunan tersebut mengorbankan lahan parkir yang sudah tersedia sebelumnya 

   Sementara karakteristik mobil perkotaan saat ini ialah dapat beradaptasi dengan sibuknya jalanan perkotaan yang sering menimbulkan kemacetan serta dapat parkir di tempat yang memiliki dimensi yang lumayan sempit. Oleh karena itu mobil berukuran kecil seperti City car, Small SUV, dan jenis mobil kecil lainnya sudah dipastikan memenuhi kriteria tersebut.

  Seiring perkembangan zaman juga, semakin banyak pula generasi milenial yang menginginkan sebuah mobil. Sementara selera mereka kebanyakan menginginkan sebuah mobil yang memiliki desain yang stylish disamping rancang bangunnya yang kompak dengan harga yang tidak begitu menguras kantong. Sehingga mobil-mobil berukuran kecil seperti citycar bisa menjadi pilihan tepat bagi generasi milenial.

  Selain itu, pada saat pandemi COVID-19 seperti ini, tentunya masyarakat juga membutuhkan sebuah mobil yang hanya bisa menampung tidak lebih dari 5 orang sehingga mobil-mobil berukuran kecil seperti itu bisa menjadi sebuah pilihan di kala pandemi seperti ini. Harganya yang lebih murah dari sebuah MPV bisa menjadi suatu pertimbangan untuk meminangnya.

  Larisnya mobil berukuran kecil seperti city car ini sebenarnya sudah diprediksi ketika penjualan salah satu city car pada beberapa pabrikan mengalami kenaikan penjualan secara signifikan beberapa tahun belakangan ini. Dan itu juga berlangsung selama beberapa saat seperti pada saat pandemi COVID-19. Menurut beberapa survei pula, mayoritas pembeli mobil berukuran kecil ialah berasal dari keluarga muda dan kalangan milenial yang memang membutuhkan sebuah mobil untuk kegiatan sehari-hari

  

  

   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama