Apa Itu Aliran Modifikasi OEM Look?

    

Mobil OEM Look

   Di zaman sekarang, aliran modifikasi terhadap mobil sudah beragam jenisnya. Beberapa diantaranya ialah JDM look, stance, racing, retro, dan hellaflush. Namun belakangan ini, ada satu lagi aliran modifikasi yang juga diminati oleh beberapa pecinta otomotif. Aliran tersebut ialah aliran modifikasi OEM look. Tapi, apa itu aliran modifikasi OEM look?

   Arti OEM sendiri merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacturer yang merupakan produk atau suku cadang asli yang diproduksi langsung oleh perusahaan yang sama atau dengan kata lain, produk atau spare part OEM murni berstatus orisinil sesuai dengan spesifikasi yang dikehendaki oleh pabrikan. 

  Mengacu pada arti OEM itu sendiri, dapat disimpulkan bahwa OEM look merupakan aliran modifikasi yang menggunakan part atau bagian-bagian original keluaran pabrikan yang sama dengan produsen mobil tersebut diproduksi.

  Nah, aliran modifikasi OEM Look ini rupanya terbagi menjadi tiga jenis. Yakni Restorasi OEM, OEM +, dan Super OEM. Kebanyakan dari jenis modifikasi OEM tersebut tentunya  menggunakan komponen yang mayoritas orisinal bawaan pabrik ketimbang merek aftermarket.

  Restorasi OEM sendiri merupakan membangun mobil yang sudah berumur tua yang mungkin sudah pernah diganti beberapa partnya seperti velg, bagian interior, hingga bagian mesin, yang kemudian dikembalikan lagi seperti keadaannya seperti semula layaknya baru keluar pabrik.

   Kemudian jenis OEM+, merupakan aliran modifikasi mobil agar semirip mungkin dengan versi negara lain seperti JDM, USDM, atau EUDM, dan tetap menggunakan dan menjaga komponen asli itu sendiri. Misalnya saja menggunakan pelek kaleng dengan dop, lalu pemanis seperti washer dummy, kaca film bening, roofrack dan lain sebagainya

  Terakhir ada Super OEM, agak berbeda dari OEM+ yang menggunakan aksesori tambahan tapi tetap orisinal khusus untuk mobil tersebut. Aliran full OEM itu tidak mengenal namanya part aftermarket, kustom, ceper, ataupun knalpot racing, 

  

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama