Bagi calon pembeli mobil baru yang akan meminang Toyota Agya atau Daihatsu Ayla, lebih baik hasrat untuk membeli kedua mobil tersebut ditahan sebentar saja. Hal tersebut disebabkan karena adanya kabaryang mengatakan bahwa kedua mobil tersebut akan segera beralih ke generasi baru pada pertengahan bulan Februari ini yang berarti kedua mobil tersebut akan segera melakukan pergantian model eksterior, interior, serta improvement pada sisi performa dan fitur.
Berbagai bocoran mengenai desain eksterior dari generasi terbaru Ayla dan Agya sudah bertebaran di Internet dengan berlandaskan desain dari Perodua Axia yang juga rencananya akan diluncurkan dalam waktu dekat di negeri jiran. Namun bocoran desain yang paling jelas ialah yang diperlihatkan oleh akun @pandulaju dan @paultancars di Instagram.
Sekilas, banyak bagian eksterior Perodua Axia yang terlihat serupa dengan Perodua Myvi atau Daihatsu Sirion Facelift. Contohnya saja seperti bentuk housing fog lamp berbentuk segitiga yang dipadukan dengan lampu persegi panjang yang unik. Selain itu, bagian spion pada mobil ini juga terkesan bahwa spion ini merupakan common parts dari Perodua Myvi.
Untuk bagian belakangnya memadukan unsur dari Daihatsu Mira e:s dengan Perodua Ativa. Unsur dari Daihatsu Mira e:s terlihat dari desainnya yang terlihat sederhana dan bentuk lampu yang terlihat agak mirip dengan kei car asal Jepang tersebut. Sementara, unsur Perodua Ativa terlihat dari penggunaan spoiler yang mirip dan letak pembuka pintu bagas yang persis di bawah logo Perodua.
Tidak hanya bagian eksteriornya saja, bagian interiornya juga sudah bocor ke publik. Terlihat desain interiornya memadukan unsur Perodua Ativa, Alza, dan Toyota Vios terbaru. Hal ini bisa dibuktikan dengan layout dashboard yang hampir sama persis serta beberapa bagian yang terlihat common parts dengan mobil platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) lainnya seperti setirnya yang mirip Ativa, kontrol AC digital yang mirip Alza, tuas transmisi yang common parts dengan Ativa dan Alza, desain layout lubang ventilasi AC yang terlihat mirip dengan Vios, hingga speedomoter digital yang juga common parts dari mobil DNGA yang sudah beredar sebelumnya.
Pihak Perodua rupanya masih mempertahankan mesin 1 KR-VE 1000cc bertenaga 67 Hp seperti yang digunakan oleh Perodua Axia generasi sebelumnya. Hanya saja, untuk generasi baru ini Perodua hanya menawarkannya dengan transmisi D-CVT yang dapat menghasilkan konsumsi BBM 27,1 Km/liter berdasarkan klaim Perodua. Namun untuk versi Indonesia, ada kemungkinan untuk menggunakan mesin WA-VE 1200 cc yang juga digunakan pada Rocky serta masih tersedia versi manual untuk pasar Indonesia.
Bagian eksterior dan interior dari Perodua Axia beserta fitur yang ditawarkan kemungkinan juga menjadi acuan utama untuk generasi terbaru Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang kemungkinan akan hadir pertengahan bulan Februari ini.