Volkswagen Rupanya Pernah Bikin Mesin Diesel Boxer

      

      Seperti yang kita ketahui, Volkswagen pertama kali membenamkan opsi mesin diesel pada beetle ketika VW memutuskan untuk mendiscontinue Beetle generasi pertama pada tahun 90-an. Mesin diesel yang disematkan pada VW New Beetle pada saat itu bukan mesin diesel konvensional, melainkan sudah dilengkapi dengan teknologi common rail (TDI).

      Mungkin belum banyak orang tahu kalau Volkswagen sebenarnya pernah mencoba untuk merancang versi diesel dari mesin boxer berpendingin udara andalan mereka. Ya, mobil kodok tersebut rupanya sempat jadi bahan uji coba Volkswagen bersama Porsche untuk mencoba kinerja dari mesin diesel rancangan mereka pada saat itu.

    Pada tahun 1951, VW bersama Porsche pernah mencoba untuk merancang mesin diesel dengan konfigurasi Flat 4 yang sama digunakan oleh Beetle dan Type 2 (Kombi). Mesin tersebut dibuatkan 2 model prototipe untuk diuji penggunaanya dalam 2 mobil berbeda, yakni Beetle dan Kombi. 

   Dalam pengembangannya, mesin tersebut dirancang dengan kapasitas 1300 cc yang dimana tenaga awalnya ialah sebesar 23 HP saja, kemudian VW mengembangkannya lagi menjadi 25 HP. Pelan? Tentu saja karena dengan mesin tersebut, sebuah VW Beetle bisa melaju 0-100 km/jam dalam waktu 60 detik. Top speednya pun hanya bisa mentok hingga 105 km/jam saja.

   Selain memiliki tenaga yang teramat pelan, mesin diesel tersebut juga menghasilkan getaran yang hebat sehingga dapat mengurangi kenyamanan berkendara. Tentunya hal tersebut bukan merupakan suatu karakteristik yang pas untuk mobil perkotaan bukan?

     Dikarenakan banyaknya kelemahan mesin diesel boxer tersebut, maka Volkswagen dan Porsche memutuskan untuk tidak melanjutkan projek tersebut sehingga sampai saat ini, belum ada VW beetle dan VW Kombi yang ditawarkan kepada publik dengan mesin opsi diesel.

     Walaupun dua prototipe mesin tersebut sudah dihancurkan, tapi beberapa tahun silam kabarnya Volkswagen mencoba untuk membuat ulang mesin diesel boxer ini dengan mengandeng beberapa pabrikan yang pernah mengembangkan mesin ini bersama VW seperti Porsche, Bosch, dan Mahle. 

   Bahkan beberapa engineer yang ikut terlibat dalam pengembangan mesin ini dulu juga ikut disertakan, sehingga replika prototipe mesin diesel boxer tersebut dapat bekerja seperti pada saat dulu dikembangkan.

     

   

   

   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama