Tahun Depan Pertalite Akan Distop Penjualannya, Diganti Dengan Ini

Pertalite stop dijual

         Masyarakat Indonesia sepertinya harus mengatakan selamat tinggal kepada bensin dengan RON 90 milik Pertamina, Pertalite mulai tahun depan. Hal ini disebabkan karena perusahaan migas pelat merah tersebut berencana untuk menyudahi eksistensi dari bensin bersubsidi tersebut.

      Nicke Widyawati selaku Direktur Utama PT Pertamina Persero mengatakan bahwa nantinya Pertalite akan digantikan dengan BBM jenis baru dibawah Pertamax Green 95, yakni Pertamax Green 92. Selain itu, subsidi yang sebelumnya diberikan pada Pertalite juga akan diberikan pada BBM jenis baru tersebut.

     Nantinya, Pertalite akan diubah dengan cara mencampur BBM RON 90 tersebut dengan etanol sebesar 7 persen. Hal itu persis yang dilakukan Pertamax Green 95 yang merupakan campuran antara BBM Pertamax RON 92 dengan etanol.

     Sebenarnya, hal ini merupakan salah satu bagian dari program 'Langit Biru' yang dijalankan oleh Pertamina, yang dimana tahap pertama program tersebut sukses menaikkan kadar RON BBM subsidi Premium yang sebelumnya RON 88 menjadi RON 90 atau Pertalite yang sekarang banyak beredar di masyarakat.

         Seiring berjalannya waktu sesuai dengan ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bahwa BBM yang boleh dijual sesuai dengan lingkungan adalah BBM dengan aspek RON 91.

      "Program Langit Biru tahap 2 dari RON 90 ke RON 92. Sesuai KLHK, oktan yang boleh dijual itu 91, aspek lingkungan menurunkan emisi karbon, bioetanol, bioenergi terpenuhi dan menurunkan impor," ujar Nicke.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama