Nissan S Cargo, Mobil Komersil Unik Berbentuk Bak Siput

Nissan S Cargo

       Di zaman dulu terutama di era 80 hingga 90-an, Nissan diketahui pernah membuat beberapa mobil dengan desain yang unik. Salah satunya ialah Nissan S-Cargo yang dirilis antara tahun 1989 hingga 1992.

     Mobil yang mengadopsi desain dari pike cars yang mengaplikasikan konsep nostalgia moden ini memang terlihat unik. Mulai dari bagian belakang hingga bagian depannya, bentukannnya terlihat seperti seekor bekicot. Bahkan penamaan mobil ini terinspirasi dari Escargot yang merupakan bahasa Perancis dari bekicot.

    Yang membuatnya terlihat seperti bekicot ialah mulai dari bagian pilar A hingga pilar D yang terlihat membesar seperti cangkang siput. Sementara bagian depannya dibuat melandai bak kepala siput yang kecil. Headlamp bagian depannya juga dibuat menonjol dengan bentuk bulat yang dapat merepresentasikan mata seekor siput.

    Berpindah pada bagian interior, terlihat desainnya terkesan sederhana dikarenakan ini merupakan kendaraan komersial ringan yang tidak didesain untuk perjalanan jauh. Salah satu yang membuatnya sederhana ialah desain bangkunya yang terkesan tipis dan simpel serta bisa menampung hingga 3 orang/  

     Selain itu, desain dashboardnya juga dibuat rata pada bagian atasnya demi memudahkan dalam menaruh barang kecil. Di bagian tengah atas dashboardnya, terdapat kluster instrumen analog sederhana yang menampilkan speedometer, pengukur bahan bakar, suhu mesin, dan dua lampu peringatan. Desain setir satu palannya juga mengingatkan kita kepada setir mobil Citroen zaman dulu.

    Untuk mesinnya, Nissan S-Cargo menggunakan mesin E15S 4 silinder berkapasitas 1487cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 73 Ps dan torsi sebesar 116 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 3 percepatan.

     Meskipun bentuknya unik, tapi sayangnya Nissan tidak banyak memproduksi S-Cargo untuk umum. Tercatat, hanya sekitar 8000 unit yang pernah diproduksi sehingga untuk mencari Nissan S-Cargo dalam keadaan bekas terbilang sulit.

   

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama