Proton Arena, Pickup Yang Berbasis Proton Wira

 

Proton Pickup

       Proton Wira merupakan salah satu sedan asal Malaysia yang sempat populer di Indonesia beberapa tahun silam. Sedan ini diketahui memang memiliki banyak kesamaan dengan Mitsubishi Lancer generasi ke empat seperti bentuk bodi, mesin, hingga beberapa bagian interiornya.

       Tapi tahukah kalian, Proton rupanya juga pernah membuat satu model pickup yang menggunakan basis Proton Wira. Ya, pickup tersebut ialah Proton Arena yang sempat dipasarkan diantara tahun 2002 hingga 2009.

       Hal unik dari mobil Proton berjenis Ute ini ialah pemasarannya yang lebih populer untuk pasar luar Malaysia seperti Inggris dan Australia, sehingga di Malaysia sendiri mobil ini cukup jarang ditemui. Di Inggris, mobil ini dinamai Proton Jumbuck dan pada saat itu, pickup tersebut dijual mulai dari 7500 Poundsterling untuk tipe terendahnya,

        Jika dilihat dari desainnya, Proton Arena memiliki banyak kesamaan dengan Proton Wira seperti bentuk bumper, grill, dan headlamp lampu halogen berbentuk  oval setangah. Begitupun pada bagian interiornya, hampir tidak ada perbedaan dengan Proton Wira.

         Dikarenakan mobil ini memiliki basis yang sama dengan Mitsubishi Lancer generasi ke empat, maka tidak sedikit orang yang meminang mobil ini untuk mengconvert beberapa bagian eksterior dan interiornya dengan perintilan punya Mitsubishi Lancer.

Proton Arena

       Meski memiliki desain yang sama dengan Proton Wira, namun sasisnya dimodifikasi sedemikian rupa agar Proton Arena bisa membawa beban hingga 1 ton.

      Untuk mesinnya, menggunakan mesin Mitsubishi 4G15 1500cc 4 silinder 12 katup yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 60,6 Hp dan torsi sebesar 120 Nm. Mesin ini dapat membawa Arena 0 hingga 100 Km per jam dalam waktu 14,6 detik.

      Tenaga dari mesin tersebut disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dengan konfigurasi front wheel drive.

      Sebenarnya, di Indonesia ada juga beberapa orang yang meminang Proton Arena ini. Tapi untuk harga bekasnya agak sama-samar. Slukblukoto sempat mengecek beberapa harga bekas dari Proton Arena dan harganya rata-rata masih diatas Rp 100 jutaan.

        

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama