Yamaha indonesia Akhirnya Kebagian Produksi Moge MT-07

Produksi Yamaha MT-07 di Indonesia
Sumber Gambar: NTMC Polri 

      PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) tahun ini mencetak sejarah dalam dunia otomotif Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena mulai bulan ini, Yamaha Indonesia ditunjuk menjadi basis produksi dari salah satu lini motor gedenya, yakni MT-07.

    Motor tersebut dinobatkan sebagai motor dengan kapasitas terbesar yang pernah diproduksi oleh YIMM, yakni sebesar 689 cc. Proses produksinya berlangsung di pabriknya yang berlokasi di Pulogadung.

     Ekspor MT-07 itu menyusul model sport Yamaha lain produksi Indonesia yang sudah dikirim ke Eropa yakni R3 dan MT-03.

      Meskipun motor besar ini diproduksi secara lokal di Indonesia, namun sayangnya Yamaha tidak berencana untuk menjual motor ini secara resmi di Indonesia karena MT-07 rakitan Pulogadung direncakan sepenuhnya diproduksi untuk pasar ekspor, lebih tepatnya ke pasar Eropa.

      Walaupun Yamaha MT-07 rakitan lokal belum dipasarkan di Indonesia, motor besar tersebut sebenarnya pernah dipasarkan di Indonesia pada tahun 2020 lalu bersamaan dengan MT-09. Kedua model datang dengan status made in Japan alias CBU dan dibanderol dengan harga Rp 243 juta on the road (OTR) Jakarta saat itu.

       Motor gede ini masuk dalam seri keluarga MT alias Master of Torque. Motor ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak 2014 lalu. Sementara model yang beredar kini sudah diperkenalkan sejak 2021 lalu.

        Ciri khasnya ada pada bagian depan, terutama desain batok lampu yang sudah menganut bahasa desain MT series kekinian alias generasi ketiga. Sebuah proyektor yang menyembul dan diapit oleh lampu DRL, keduanya sudah menggunakan teknologi LED.

        Yamaha menanamkan MT-07 mesin berkapasitas 689 cc 2-silinder crossplane berpendingin cairan dan sudah memenuhi regulasi Euro 5. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum 72,4 dk pada 8.750 rpm dan torsi 67 Nm di 6.500 rpm. Tenaga dari mesinnya disalurkan melalui transmisi 6 percepatan


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama