Suzuki Perlihatkan Wujud Asli Swift Next Generation Versi Produksi

Sumber Gambar: Suzuki

         Setelah sebelumnya Suzuki memamerkan versi konsep Swift di ajang Japan Mobility Show 2023 lalu, Suzuki memperlihatkan model versi produksi dari hatchback legendaris tersebut menjelang peluncurannya di pasar otomotif Jepang tidak lama lagi. 

         Swift generasi baru mendapat perubahan total, mulai dari eksterior yang didesain ulang, interior yang dirombak, hingga powertrain baru berupa mesin mild hybrid yang baru saja dikembangkan.

         Jika dilihat sekilas, Swift baru terlihat hampir persis dengan versi konsepnya. Bahkan velg, trim eksterior dan interior, serta warnanya diambil dari prototipe yang dipamerkan di Tokyo beberapa waktu lalu.

     Contohnya saja ialah penerapan desain lampu utama yang lebih mengotak, gril honeycomb desain baru, dan lekukan di bagian bumper yang kini didesain lebih tajam.

     Swift baru ini menggunakan platform Heartect yang diklaim punya handling baik. Sementara dimensi pada mobil ini memiliki panjang 3.860 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.500 mm, dan jarak sumbu roda 2.450 mm.

Sumber Gambar: Suzuki

        Berpindah ke bagian interior yang mengalami banyak revisi, di bagian tengah terdapat layar sentuh infotainment berukuran 9 inci dan cluster instrumen yang masih mengadopsi layout analog digital seperti pada generasi sebelumnya. 

        Elemen penting lainnya termasuk pengatur suhu baru yang juga dimiliki oleh model Suzuki lainnya , dan slot CD di konsol tengah di atas cupholder dan beberapa outlet pengisi daya USB. Terakhir, rem tangan kini bersifat elektrik dengan fungsi auto-hold.

         Kemudian di sisi safety, Swift baru dilengkapi dengan radar gelombang milimeter, kamera monokuler, dan sensor ultrasonik, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja dari rangkaian Suzuki Safety Support ADAS. Selain itu, ada juga fitur kamera monitor omnidireksional, blindspot monitoring, dan rear cross traffic alert.

            Menurut info dari Suzuki Jepang, Swift baru akan tersedia dalam tiga level trim, antara lain: XG, Hybrid MX, dan Hybrid MZ. Model entry-level dilengkapi dengan mesin bensin konvensional sedangkan versi kelas menengah dan tertinggi mendapatkan mesin yang sudah dilengkapi fitur mild hybrid.

       Sampai saat ini Suzuki belum memberikan informasi mesin apa yang akan digunakan nanti. Namun berdasarkan info yang beredar bahwa mesin Z12E 1.2 liter 3 silinder nantinya akan menggerakkan Swift baru ini.  Pada versi mild hybridnya, terdapat generator motor listrik ISG dan baterai khusus membantu mengurangi konsumsi bahan bakar seperti model sebelumnya.

         Seluruh Suzuki Swift 2024 spek JDM akan hadir dengan transmisi otomatis CVT baru yang diklaim lebih ringan, senyap, dan irit dibandingkan unit sebelumnya. Tenaga disalurkan ke depan atau ke keempat roda berkat sistem 4WD penuh waktu opsional yang tersedia.

          Selain memperkenalkan Swift baru ke publik, Suzuki juga sudah mulai membuka keran pemesanan  bagi masyarakat Jepang yang menaruh minat terhadap hatchback ini. Namun, harga resminya belum diumumkan. 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama