Bukan Alphard, Sebenarnya Rival Hyundai Staria Adalah Mobil Ini

Sumber Gambar: Hyundai

    Hyundai Staria merupakan van mewah yang menjadi penerus kiprah H-1 yang memang sudah ada waktunya untuk discontinue. MPV yang memiliki desain boxy, elegan nan futuristik tersebut diketahui memiliki banderol mulai dari 900 jutaan untuk versi 9 seater dan 1,03 Miliar untuk versi 7 seater.

      Dengan harga tersebut, banyak masyarakat memiliki anggapan bahwa Hyundai Staria merupakan pesaing dari Toyota Alphard yang juga mengadopsi kelas yang sama sebagai sebuah MPV mewah yang pantas dimiliki untuk kebanyakan orang tajir di Indonesia. Hanya saja, Hyundai Staria memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Alphard, yakni menggunakan mesin diesel CRDI 2.2 yang tenaganya bisa bersaing dengan sebuah Pajero Sport.

      Meskipun di Indonesia Staria dianggap sebagai mobil mewah, namun di beberapa negara seperti Korea Selatan dan Australia, Staria justru dijadikan sebagai kendaraan untuk mencari pundi-pundi rezeki disamping pilihannya sebagai mobil keluarga yang nyaman.

       Ya, dikarenakan ini dirancang sebagai penerus dari Starex Mover atau H-1 untuk versi mewahnya, pihak Hyundai memang sengaja mendesain Staria dengan bentuk mengotak seperti pendahulunya.demi meningkatkan space untuk mengangkut banyak barang dan penumpang. Selain itu, penggunaan mesin diesel sengaja dipertahankan demi mendapatkan tenaga dan konsumsi BBM yang optimal dalam membawa bodinya yang besar.

     Berdasarkan karakteristiknya yang seperti itu, maka Hyundai Staria sepertinya tidak cocok disandingkan dengan Toyota Alphard yang basisnya benar-benar di desain sebagai sebuah mobil yang nyaman seperti mobil kelas premium kebanyakan. Lalu, pesaing dari Hyundai Staria sebenarnya apa?

       Menurut Sluk Bluk Oto, Hyundai Staria akan lebih cocok jika disandingkan dengan van sekelas VW Caravelle dan Mercedes Benz V-Class. Alasannya ialah karena kedua van mewah di Indonesia tersebut juga berbasis kendaraan komersial seperti Staria. 

     Di Eropa, memiliki VW Caravelle dan Mercedes Benz V-Class sebenarnya bukan merupakan suatu hal yang "wah". Hal tersebut dikarenakan kedua van tersebut hanya sekedar versi mewah dari versi komersialnya, yakni VW Transporter dan Mercedes Benz Vito.

     Contohnya saja pada bagian desain eksterior, VW Caravelle dan Mercy V-Class hampir terlihat serupa dengan VW Transporter dan Mercy Vito. Yang membuatnya beda ialah pada beberapa bagian ekteriornya yang ditambahkan ornamen mewah seperti grill berkasen krom. headlamp yang sudah dilengkapi full LED, dan velg dengan penampakan yang lebih elegan.

      Selain bagian eksteriornya, bagian interior terutama pada bagian dashboard juga terlihat mirip dikarenakan masih menggunakan platform desain yang sama. Hanya saja jika dibandingkan dengan versi komersialnya, VW Caravelle dan Mercy V-Class menawarkan kenyamanan yang lebih premium seperti penggunaan ottoman seat, sunroof, kekedapan kabin yang lebih baik, serta fitur entertaintment yang lebih advanced.

      Hal tersebut juga persis terjadi pada Staria, yang dimana penampakan desain dan spesifikasi teknis antara versi komersial dan versi mewahnya hampir terlihat sama persis. Yang membedakannya ialah beberapa fitur seperti LED headlamp, transmisi yang sudah mengadopsi sistem shift button, dan interior yang lebih nyaman dan kaya akan fitur yang hanya tersedia pada Staria versi mewah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama