Mungkin banyak orang yang mengira bahwa DFSK Supercab 1.3 dinobatkan sebagai pickup bermesin diesel dengan kapasitas mesin terkecil di Indonesia, yakni sebesar 1300 cc. Namun ternyata, terdapat pickup diesel yang memiliki kapasias dibawah 1000 cc. Ya, pickup tersebut ialah Tata Ace EX 2 yang dirilis sebelum Tata Intra V20 menggantikan perannya sebagai pilihan kendaraan niaga ringan Tata di Indonesia.
Tata Motors Indonesia memang menargetkan penjualan pickup ini kepada sektor usaha mikro yang membutuhkan transportasi barang dengan daya angkut ringan dan memiliki biaya pengoperasian yang minim. Pickup ini menjawab segala kebutuhan tersebut dengan bodinya yang mini namun memiliki mesin kecil dengan tenaga yang cukup badak untuk mengangkut barang hingga 1 ton.
Pada saat awal rilisnya, pickup ini berhadapan langsung dengan rival terberatnya, Daihatsu Himax dalam menawarkan pickup kelas ringan.yang memiliki pasar tersendiri. Pada awal rilisnya tahun 2014 silam, pickup ini ditawarkan dengan kocek Rp 69 jutaan saja.
Secara desain, tentunya pickup ini didesain sederhana dengan mengutamakan fungsionalitas, namun tidak bisa dikatakan spesial. Headlampnya sudah mengusung model kristal multireflektor dengan bohlam jenis halogen biasa. Dan seperti khasnya mobil buatan India, terdapat reflektor mata kucing yang membentang di depan bumper depannya.
Bak dari TATA ACE EX2 juga didesain dengan mengutamakan daya angkutnya yang besar. Mulai dari bak angkutnya sendiri yang memiliki dimensi 2.140 mm x 1.420 mm x 300 mm. Dengan bak sebesar itu, maka pickup ini lebih unggul dari rivalnya, Daihatsu Himax yang memiliki bak lebih pendek 205 mm, lebih rampiing 25 mm, dan lebih rendah 15 mm.
Nilai plus dari bagian eksterior dari Ace EX2 ini ialah hadirnya fitur snorkel. Jadi, saat melewati banjir atau bahkan genangan air, saringan udara tidak akan kemasukan air yang menyebabkan mesin mobil menjadi mati dan mogok.
Beralih ke bagian interior, layout dashboardnya dibuat fungsional layaknya mobil niaga pada umumnya. Namun, layout dashboard yang diadopsi oleh Ace EX2 ini lebih terkesan kuno jika dibandingkan dengan rival di kelasnya yakni Daihatsu Hi-Max.
Kesan kuno tersebut terpancarkan dengan absennya tachometer di panel instrumennya, minus power steering, apalagi peranti pendingin udara (AC). Tapi, meski demikian dashboard ini tetap praktis karena terdapat satu buah laci penyimpanan tertutup, soket pemantik rokok, pengatur ketinggian sorot lampu, serta jam digital.
Soal performa, Ace EX2 ditenagai oleh mesin diesel 2 silinder berkapasitas 702 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 16 PS dan torsi 36 Nm. Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang dengan transmisi manual manual 5 percepatan. Pihak Tata Motors mengklaim bahwa mesin dari pickup ini bisa mengonsumsi BBM Solar sejauh 18 Km per liternya.
Meskipun Tata Motors Indonesia sudah tidak lagi melanjutkan penjualan dari pickup mungil ini, namun masyarakat masih bisa mendapatkan unit bekas dari Ace EX2 dengan banderol mulai dari 50 jutaan saja.