Toyota Terkena Skandal Pada Mesin Dieselnya

Sumber Gambar: Toyota

    Toyota Motor Corporation menerima pesan dari Toyota Industries Corporation (TICO) bahwa terdapat masalah sertifikasi yang dilaporkan oleh komite sertifikasi yang berkaitan dengan produk yang dibuatnya. 

    Kali ini, produk yang terdampak ialah beberapa model mesin diesel keluaran terbaru Toyota. Penyimpangan tersebut meliputi tiga model mesin diesel yang terpasang pada 10 model yang berbeda.

     Penyelidikan yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi terkait menemukan bahwa kejanggalan terjadi selama pengujian output tenaga kuda untuk sertifikasi tiga model mesin diesel untuk mobil yang ditugaskan Toyota ke TICO. 

     Selama pengujian sertifikasi, kinerja output tenaga kuda mesin diukur dengan ECU dengan perangkat lunak yang berbeda dari yang digunakan untuk produksi massal sehingga hasilnya dapat diukur untuk membuat nilai tampak lebih halus dengan variasi yang lebih sedikit.

     Berdasarkan hasil penyelidikan tersebut, maka TICO memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman mesin yang terkena dampak. Selain itu, Toyota juga memutuskan untuk menghentikan sementara pengiriman kendaraan yang dilengkapi mesin yang terkena dampak.

     Sekedar Informasi, mesin-mesin yang terdampak tersebut meliputi mesin 1GD, 2GD, dan F33A yang ditanamkan pada beberapa produk Toyota seperti Hiace, Fortuner, Innova,  Hilux dan Land Cruiser 300. Selain Toyota, produk dari Lexus dan Hino juga terkena dampaknya seperti LX500d dan Truk Dutro/Dyna

   Skandal ini rupanya sedang terjadi di tengah belum kelarnya kasus pelanggaran terkait kecurangan uji keselamatan kecelakaan di anak perusahaan Toyota, Daihatsu. Toyota Industries mengatakan mereka menjual sekitar 840,000 mesin mobil yang terkena dampak selama tahun keuangan hingga 31 Maret 2023.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama