Dahului Eropa, Ethiopia Jadi Negara Pertama Yang Larang Kendaraan BBM

Sumber Gambar: Techweez

     Banyak orang yang mengetahui bahwa di masa yang akan datang, Eropa menjadi benua pertama yang menerapkan kebijakan pelarangan penjualan kendaraan berbahan bakar minyak, yang dimana kebijakan tersebut digadang-gadang akan efektif diberlakukan pada 2035 mendatang.

      Namun rupanya, hal tersebut dilangkahi terlebih dahulu oleh salah satu negara yang berlokasi di benua Afrika, yaitu Ethiopia. Nantinya, segala macam penjualan kendaraan BBM akan dilarang di negara ini sehingga opsi kendaraan baru di Ethiopia hanya tersedia dalam tenaga listrik.

     Menurut menteri Transportasi dan Logistik Ethiopia, Alemu Sime, menyebutkan bahwa mobil tidak boleh masuk ke dalam Ethiopia kecuali mobil listrik. Penyebab dari keputusan yang drastis ini adalah lemahnya nilai tukar mata uang di negara tersebut, sehingga mempersulit impor bensin dan solar karena tekanan ekonomi yang besar. 

     Selain itu, Ethiopia juga sudah menjadi investor utama untuk infrastruktur energi dalam beberapa tahun terakhir ini, seperti misalnya investasi terhadap pembangkit listrik tenaga air terbesar di Afrika yang akan segera diresmikan, dan telah dioperasikan sebagian di Februari 2022 kemarin dengan mengkomisikan dua turbin utama dengan kapasitas total hingga 750 megawatt. 

    Tapi keputusan ini belum bisa dijelaskan secara rinci terkait langkah apa saja yang akan dilakukan oleh pihak pemerintah untuk bisa mencegah total keberadaan mobil dengan motor pembakaran dalam dan mengganti seluruhnya dengan mobil listrik. Dan apakah putusan ini berlaku untuk mobil baru saja, atau mobil lama yang sudah ada akan terkena juga dampaknya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama