Mitsubishi Xpander Hybrid Akhirnya Rilis, Ada DNA X Force Di Dalamnya

Sumber Gambar: Mitsubishi Thailand

      Mitsubishi Motors Thailand akhirnya merilis versi full hybrid dari Xpander dan Xpander Cross pada Kamis (01/12) waktu setempat. Mobil tersebut menjadi pelopor sistem full hybrid di kelas LMPV dan LSUV. Tidak seperti pesaingnya, Suzuki Ertiga dan XL7 yang hanya mengandalkan sistem mild hybrid selama pengoperasiannya.

     Tentunya, Xpander dan Xpander Cross hybrid memiliki unsur teknis yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Xpander dengan mesin konvensional. Salah satunya ialah penerapan mesin hybrid baru dengan teknologi e:Motion yang dikembangkan khusus untuk Xpander dan Xpander Cross hybrid

      Mesin tersebut ialah 4A92 DOHC MIVEC berkapasitas 1600cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 95 hp dan torsi sebesar 255 Nm. Dikarenakan mobil ini mengadopsi sistem full hybrid, maka mesin bensin tersebut dikawinkan dengan motor listrik bertenaga 115 hp dan torsi 255 Nm. 

    Dengan adanya sistem full hybrid ini, konsumsi bbm-nya bisa mencapai 19,2 km/l dan akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 9,7 detik menurut klaim dari Mitsubishi. Mitsubishi juga mengklaim konsumsi bbm-nya turun 10% dibandingkan dengan mesin yang sudah ada.

       Selain itu, versi hybrid ini juga dibekali dengan 7 drive mode yang terdiri dari charge, ev-priority, normal, wet, gravel, tarmac, dan mud. Lebih banyak dari X-Force. Fitur Active Yaw Conrol (AYC) yang sebelumnya sudah diterapkan pada Xpander Cross standar juga diterapkan pada varian hybrid ini.

         Tidak hanya unsur teknis saja yang dibedakan, penampilan eksterior dan interior juga dibedakan pada Xpander hybrid ini. Yang paling mencolok ialah penerapan beberapa emblem yang ada pada bagian pintu depan dan grillnya yang dapa menegaskan bahwa Xpander ini ditenagai oleh sistem full hybrid. Selain itu, terdapat aksen biru yang diaplikasikan pada bagian velgnya.

        Bagian interior pun juga terlihat berbeda dari Xpander biasa. Sebut saja penggunaan beberapa komponen dari XForce pada Xpander hybrid ini, diantaranya ialah pada bagian setir dan kluster instrumennya. Tuas transmisinya juga dibuat lebih pendek seperti joystick.

       Untuk banderolnya, Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross hybrid ini dibanderol masing-masing 912.000 baht (Rp 405 jutaan) dan 946.000 baht (Rp 419 jutaan). Harga tersebut sebenarnya adalah harga perkenalan, yang dimana harga tersebut akan berlaku hingga 4 April mendatang.


       

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama