Ikut Serta Dalam GIICOMVEC 2024, Mercedes Benz Luncurkan 4 Sasis Bus

Sumber Gambar: DCVI

        Di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024, PT Daimler Commercial Indonesia (DCVI) selaku ATPM dari lini truk dan bus lansiran Mercedes-Benz merilis 4 lini sasis bus teranyar, yang dimana ke empat sasis bus tersebut mengadopsi standar emisi Euro 4 dan Euro 5.

    Naeem Hassim selaku President Director Daimler Commercial Vehicles Indonesia, menjelaskan bahwa dirilisnya unit Mercedes-Benz Bus Euro 4 dan Euro 5 untuk pasar Indonesia bertujuan untuk menjawab permintaan berbagai pelanggan setianya guna memberikan layanan Bus yang lebih ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

      “Secara global, Daimler Truck akan terus berupaya mencapai ambisi strategisnya untuk memimpin transformasi industri menuju era transportasi zero-emisi" ujarnya.

    Dia juga menambahkan bahwa pada bulan ini, DCVI sedang bersiap merayakan penjualan 1.000 unit penjualan bus Mercedes-Benz OF 917 yang Naeem sebut sebagai ‘salah satu pencapaian terbaik’ Daimler Truck selama menjual bus bermesin depan di Indonesia.

    Sebagai lini termurah dari jajaran sasis bus Mercedes Benz di Indonesia, OF 917 Euro 4 ditenagai oleh mesin berkode 4D34i berkapasitas 3.900 cc 4 silinder, yang didampingi dengan tangki solar berkapasitas 200 liter dan tangki adblue berkapasitas 30 liter. 

  Tidak lupa juga demi meningkatkan kemampuan pengendaliannya, OF 917 Euro 4 dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System (ABS), Full-Air Brake dan Auto Slack Adjuster yang menjamin keamanan pengendara ketika bermanuver ataupun melakukan pengereman di jalanan licin.

    Selain itu, DCVI juga merilis O 500 RSD 2445 yang di desain khusus untuk pengaplikasian bodi double decker yang belakangan ini sedang naik daun untuk dijadikan bus AKAP. Sasis bus tersebut sudah dilengkapi dengan mesin OM 460 LA dengan 6 silinder berkapasitas 12.820 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 449 hp dan torsi sebesar 2200 Nm.  Mesin tersebut sudah mengadopsi standar emisi Euro 5 sehingga solar yang digunakan disarankan minimal sejenis Dexlite.

    Fitur safety pada Mercedes-Benz O 500 RSD 2445 ini juga tergolong lengkap di kelasnya seperti penerapan Adaptive Cruise Control (ACA) dengan Active Brake Assist (ABA) 5 yang bisa mengantisipasi jarak dengan kendaraan depan, Lane Departure Warning System untuk memastikan posisi kendaraan di jalan, dan juga ESP (Electronic Stability Program).

   DCVI juga memboyong beberapa lini bus yang sudah ada sebelumnya yang mengalami peningkatan. Contohnya seperti OF 1623 L Euro 4 yang kini sudah dilengkapi dengan Air Suspension. Bus ini mengandalkan mesin OM 906 LA, 6 silinder, berdaya 238 ps serta torsi 850 Nm, dengan tangki BBM 380 liter maupun tangki AdBlue 60 liter. Terdapat pula ABS, Constant Throttle Valve (CTV) Engine Brake.

   Lalu, OH 1626 L Euro 4 yang memiliki keunggulan untuk melaju di tanjakan, kapasitas bagasi besar berkat Space Frame Chassis, ABS, CTV Engine Brake, sampai Cruise Control. Dapur pacunya dimodali mesin OM 906 LA 6.3-liter, 6 silinder, kapasitas tangki BBM utama 200 liter+tangki BBM Cadangan 200 liter, plus tangki AdBlue 60 liter.


Penulis: William Surjana

Editor: M Tegar Alhamsyah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama