GWM Tank 500, Mobil China Termahal Di Indonesia Yang Masih Menggunakan Sasis Ladder Frame

 

Sumber Gambar: Dok Sluk Bluk Oto (Raynaldi Rino)

Sluk Bluk Oto - Tank 500 akhirnya meluncur di Indonesia pada 2 Maret 2024, yang dimana Full Size SUV ini bersaing langsung dengan Hyundai Palisade. Sebenarnya di ajang GIIAS 2023, Tank 500 ini sendiri sudah diperkenalkan terlebih dahulu ke masyarakat dimana mobil ini sendiri direncanakan untuk menjadi salah satu lineup perdana oleh Great Wall Motors yang direncanakan masuk kedalam pasar Indonesia bersama dengan Haval H6 dan Ora O3 pada awal tahun 2024 

Dibandingkan dengan rivalnya, Tank 500 ini sendiri masih menggunakan sasis Ladder Frame, suspensi belakang solid axle, dan ban serep full size konde dimana faktor tersebut  kebanyakan diadopsi oleh mobil2 SUV era 90an. Namun nilai positif dari hal tersebut adalah Tank 500 ini memiliki kapabilitas offroad yang sangat baik dan tergolong proper terutama untuk medan jalanan yang sangat berat sekalipun juga dengan spare tire model konde mobil ini mampu memaksimalkan ruangan bagasi serta dengan ban cadangan full size ini memungkinkan bahwa mobil ini mampu digunakan pada kecepatan penuh ataupun kondisi jalan manapun. Untuk GWM 500 sendiri berada dikelas Full Size SUV, namun dengan rentang harga di level Large SUV.

Secara fitur, GWM Tank 500 ini tergolong lengkap dikelasnya apalagi mengingat bahwa mobil ini merupakan Full Size SUV dari pabrikan China termahal saat ini. Fitur eksteriornya meliputi headlamp dual projector, sein samping di spion, DRL LED, grille chrome, door handle chrome, auto retractable footstep, roof rail, window belt lining chrome, pilar samping hitam gloss, spare tire cover, high mount stop lamp, rear spoiler, number plate garnish, rear wiper, front + rear defogger, tailllights LED dan, pelek silver finish 20 inch,

Sumber Gambar: Dok Sluk Bluk Oto (Raynaldi Rino)

Beralih ke bagian interiornya, fitur yang ditawarkan juga tidak kalah dengan rivalny seperti adanya speedometer full layar,  panoramic sunroof, electric mirror + electric retract, doortrim soft pad, kaca double glass pada baris pertama + kedua, power window all auto, wooden panel dengan finishing doff, driver electric seat 8 way, front passenger seat 4 way, pengaturan terang redup speedometer, auto wiper, auto headlamp, pedal dengan finishing aluminium, sunvisor dengan vanity mirror + lampu, tempat penyimpanan kacamata, lampu kabin LED, grab handle, setir 3-spoke berlapis kulit, steering switch control, adaptive cruise control, black leather seat, Multi Information Display, drive mode, pengaturan sistem penggerak (2HI, 4HI, dan 4LO), integrated head unit yang sudah dilengkapi dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto serta navigasi, massage seat, console box tengah berlapis kulit, cooler box, wireless charging, cooler seat, jam analog, ambient lighting, Auto Digital Climate Control with Dual Zone + Ionizer, cooler seat, armrest baris kedua dengan cup holder, AC Double Blower dengan Auto Climate Dual Zone, ISOFIX, sunshade pada baris kedua, socket charging pada setiap baris, headrest adjustable, seat back pocket dan electric reclining seat pada baris ketiga.

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, GWM Tank 500 dilengkapi beberapa fitur safety seperti Lane Keeping Assist, Forward Collision Mitigation System, Auto Brake Assist, Blind Spot Monitoring, auto parking system, Around View Monitor, Ultrasonic Missacceleration Mitigation System,  navigation system, 6 Airbags, ABS×END+BA rem depan belakang cakram, front differential lock, rear differential lock, dan low gear mode.

Mesin yang digunakan oleh GWM Tank 500 ini adalah GW4N20 HEV 2000cc 4 silinder DOHC yang digabungkan dengan sistem Hybrid yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 315 PS dan torsi sebesar 615 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda melalui transmisi 9-speed hybrid automatic (9HAT).

Secara harga GWM Tank 500 ini dijual seharga Rp. 1,196,000,000 OTR Jakarta per Maret 2024 dan terdiri dari 3 varian warma yaitu Sun Black, COC Grey, dan Hamilton White.


Penulis: Raynaldi Rino

Editor: M Tegar Alhamsyah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama