Gantikan Serena. Toyota Voxy Digadang-gadang Jadi Taksi Bluebird Khusus Untuk Penyandang Disabilitas

Sumber Gambar: TikTok / @bcgolden30195gb

Sluk Bluk Oto - Setelah beroperasi selama 10 tahun, akhirnya Nissan Serena C26 yang dijadikan sebagai Taksi Lifecare Bluebird resmi dipensiunkan. Hal ini tidak mengherankan mengingat bahwa setiap taksi di Indonesia memiliki jangka umur operasi dimana untuk Bluebird Group sendiri taksi mereka beroperasi dalam jangka waktu sekitar 5 sampai 10 tahun. Dimana setelah melewati jangka waktu tersebut taksi yang sudah tidak beroperasi lagi akan direstorasi dan dijual kepada pedagang.

Meskipun pada dasarnya kebanyakan taksi Bluebird hanya beroperasi selama 5 tahun saja sebagai armada taksi, namun hal tersebut rupanya berbeda khusus untuk Lifecare Bluebird. Dimana armada ini sendiri sudah menggunakan Nissan Serena X Welcab C26 sejak September 2014 dimana mobil tersebut sudah beroperasi selama 10 tahun berturut turut dimana mobil tersebut sangat berjasa bagi masyarakat di Indonesia hingga mendapatkan Rekor Muri pada tahun 2020.

Meskipun Serena C26 tersebut sangat berjasa bagi armada Lifecare Bluebird, namun sekarang saatnya pihak perusahaan taksi ini mencari sang penerus untuk Serena C26 ini, yang tentunya penerus dari MPV boxy tersebut harus dari kelas yang sama.

Rumornya, Bluebird Group akan menggunakan Toyota Voxy R90 sebagai armada taksi baru untuk pelayanan khusus disabilitasnya. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya video salah satu akun TikTok yang memperlihatkan wujud dari Voxy yang sudah diberi kelir warna khas taksi Blue Bird.

Dimana untuk spek taksi ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar mampu mengakomodisir bangku welcab dimana hal tersebut dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan sebagai armada taksi untuk penyandang disabilitas.

Belum diketahui spesifikasi mengenai Toyota Voxy Welcab ini namun mengingat di Jepang sendiri tersedia varian Welcab Type I dan Type II untuk Voxy R90. Ada kemungkinan salah satu dari varian tersebut yang digunakan sebagai armada taksi baru Bluebird ini. 

Secara spesifikasi Type I dan Type II dibedakan dari konfigurasi bangku dimana untuk Type I memiliki rail slope floor yang mampu mengakomodisir dua kursi roda dimana pada baris kedua sebelah kiri dan ketiga dihilangkan sedangkan untuk Type II memodifikasi bangku penumpang depan sehingga dapat keluar secara elektrik dan tetap memiliki rail slope floor untuk memasukkan kursi roda dimana hanya bangku baris ketiga yang dihilangkan.

Jadi bagaimana apakah Toyota Voxy Welcab ini mampu meneruskan kiprah kesuksesan Serena Welcab sebagai armada taksi Lifecare Bluebird?


Penulis: Raynaldi Rino

Editor: M Tegar Alhamsyah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama