Update Harga BBM Kalimantan Timur April 2024

Sumber Gambar: Dok Sluk Bluk Oto (Satwika)

Sluk Bluk Oto - Sudah dianggap sebagai tradisi, setiap awal bulan seluruh perusahaan SPBU selalu menyesuaikan harga BBM-nya mengikuti harga minyak mentah dunia. Tentunya penyesuaian tersebut berlaku di seluruh daerah, tak terkecuali Kalimantan Timur yang salah satu bagiannya akan menjadi daerah IKN.

Di daerah tersebut, SPBU yang tersedia hanya SPBU milik Pertamina sehingga anda tidak akan menemukan SPBU yang dikelola oleh swasta disana. Sama seperti di Jakarta, harga BBM Pertamina di Kalimantan Timur tidak ada perubahan sama sekali dari daerah bagian kota hingga ke daerah-daerah yang terpelosok. 

Untuk harga BBM wilayah Kalimantan Timur perlu diperhatikan mengingat provinsi tersebut akan menjadi gerbang wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di sebagian kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian kabupaten Kutai Kartanegara.

Mengingat daerah Kalimantan Timur yang seringkali kehabisan stok BBM khususnya untuk kendaraan diesel seperti Biosolar maupun Dexlite karena banyaknya kendaraan truk yang digunakan untuk operasional perusahaan pertambangan maupun perkebunan kelapa sawit.

Tidak hanya itu, sebagian SPBU di salah satu kota besar di Kalimantan Timur, Balikpapan yang merupakan penyangga IKN Nusantara terjadi ledakan antrian yang mengular terutama sektor BBM bersubsidi seperti Pertalite.

Karena provinsi tersebut tidak ada SPBU sektor swasta seperti Shell, BP, Vivo yang tersedia. Maka yang dicantumkan harga hanya harga BBM dari sektor plat merah per April 2024.

  • Pertalite (RON 90)            : Rp 10.000
  • Bio Solar                            : Rp 6.800
  • Pertamax (RON 92)          : Rp 13.500
  • Pertamax Turbo (RON 98) : Rp 14.750
  • Dexlite (CN 51)                  : Rp 14.900
  • Pertamina Dex (CN 53)      : Rp 15.450

Penulis: Satwika

Editor: M Tegar Alhamsyah

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama