GIIAS 2024 Diklaim Akan Menjadi Yang Terbesar

Sumber Gambar: Dok Sluk Bluk Oto (Tegar)

Sluk Bluk Oto - Tidak terasa hanya 1 bulan lagi GIIAS 2024 akan diadakan pada 18 – 28 Juli 2024 mendatang dan sudah diadakan press conference yang kedua pada 12 Juni 2024 lalu dimana para peserta brand mobil sudah melakukan presentasi akan produk dan mobil apa saja yang akan dibawa pada ajang GIIAS 2024 ini baik yang dijual secara resmi ataupun hanya khusus untuk pameran saja. 

GIIAS 2024 ini merupakan pameran Gaikindo yang ke-31 dimana pameran ini memiliki penambahan luas sebesar 120 ribu meter persegi dimana GIIAS 2024 ini memiliki peserta brand sebanyak 55 unit yang terdiri dari 31 brand mobil, 4 brand truk, 3 brand karoseri, dan 20 brand motor.

Menurut ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa pameran GIIAS masih memiliki ruang untuk terus berkembang. Menurutnya, pasar otomotif Indonesia sangat potensial masih terus berkembang menjadi inkubator bisnis bagi berberapa merek kendaraan bermotor. Hal ini menjadi alasannya masuk dan keluarnya industri kendaraan bermotor baik dari Eropa, Jepang, Korea, dan yang terbaru adalah masuknya merek-merek kendaraan bermotor Cina di Indonesia. 

“Industri kendaraan bermotor Indonesia terus tumbuh dengan perkembangan merata yang ditunjukkan berbagai merek kendaraan bermotor global di Indonesia, yang tidak hanya memanfaatkan pasar, namun juga berinvestasi dan membangun basis produksinya di Indonesia. Kondisi tersebut juga membawa pengaruh positif bagi penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia, dimana GIIAS terus berkembang di setiap penyelenggaraannya sementara tren berbeda ditunjukkan penyelenggaraan pameran otomotif dunia,” ungkap Nangoi.

Berbeda dengan pameran otomotif tahun sebelumnya dimana GIIAS biasanya hanya berfokus pada penjualan saja. Untuk GIIAS 2024 ini merupakan langkah awal bagi pabrikan otomotif Indonesia untuk kembalinya menggunakan kesempatan pada pameran besar seperti GIIAS ini sebagai ajang untuk memamerkan teknologi, mobilitas masa depan, dan unjuk gigi dengan brand mobil lainnya. 

Hal ini memang sengaja dilakukan oleh peserta pameran mengingat banyak sekali brand mobil baru yang berdatangan dan ikut serta pada ajang GIIAS 2024 ini terutama untuk membuktikan bahwa semakin sengit dan seriusnya persaingan otomotif di Indonesia terutama dengan brand mobil yang berasal dari China mengingat perkembangan mobil China secara internasional selama kurun waktu 7 tahun ini tergolong sangat pesat dan banyak pabrikan otomotif besar menerima tantangan dari brand mobil China secara serius terutama dalam bidang teknologi dan ideologi dalam dunia otomotif.

GIIAS kembali memecahkan rekor peserta dimana secara total sudah ada 55 brand yang bergabung dalam ajang pameran tahun ini sejak pertama kali diselenggarakan sejak 1986. Anggota yang ikut terdiri dari 31 brand mobil diantaranya adalah Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling. 4 brand kendaraan komersil diantaranya Fuso, Hino, UD Trucks, dan Isuzu. 3 brand karoseri diantaranya Adi Putro, Trentem, dan Laksana. Dan 16 brand kendaraan motor diantaranya Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis, Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan ZPT.

Khusus untuk para pengunjung setia GIIAS 2024, berbagai program dan penawaran juga akan dihadirkan  para sponsor. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah program  Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2024 bersama FIFGROUP, Astra Credit Companies, Toyota Astra Finance Services, Asuransi Astra, Astra Life, AstraPay, Maucash, Moxa, SEVA dan BANK SAQU by Bank Jasa Jakarta.

Tan Chian Hok selaku Project Director Astra Financial GIIAS 2024 mengutarakan,  “Ini merupakan keenam kalinya kami berpartisipasi secara berturut-turut di GIIAS sejak tahun 2018. Kami dengan bangga memperkenalkan berbagai produk dan layanan keuangan unggulan dari Astra Financial bersama 10 unit bisnis kami.  Lebih dari sekadar pembiayaan, kami menawarkan solusi menyeluruh untuk kepemilikan kendaraan, mulai dari perencanaan, pembiayaan, hingga perlindungan.”

GIIAS 2024 ini berhasil menjadi pameran otomotif terbesar sepamjang sejarah di Indonesia. Namun apakah GIIAS 2024 ini berhasil menjadi pameran paling terbaik dan abadi seperti halnya GIIAS 2015 yang berhasil menjadi living legend yang selalu dikenang? Well see and stay tuned, guys.


Penulis:Raynaldi Rino

Editor: M Tegar Alhamsyah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama