Sluk Bluk Oto - Tidak terasa hanya 1 bulan lagi GIIAS 2024 akan diadakan pada 18 – 28 Juli 2024 mendatang dan sudah diadakan press conference yang kedua pada 12 Juni 2024 lalu dimana para peserta brand mobil sudah melakukan presentasi akan produk dan mobil apa saja yang akan dibawa pada ajang GIIAS 2024 ini baik yang dijual secara resmi ataupun hanya khusus untuk pameran saja.
GIIAS 2024 ini merupakan pameran Gaikindo yang ke-31 dimana pameran ini memiliki penambahan luas sebesar 120 ribu meter persegi dimana GIIAS 2024 ini memiliki peserta brand sebanyak 55 unit yang terdiri dari 31 brand mobil, 4 brand truk, 3 brand karoseri, dan 20 brand motor.
Menurut ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengungkapkan bahwa pameran GIIAS masih memiliki ruang untuk terus berkembang. Menurutnya, pasar otomotif Indonesia sangat potensial masih terus berkembang menjadi inkubator bisnis bagi berberapa merek kendaraan bermotor. Hal ini menjadi alasannya masuk dan keluarnya industri kendaraan bermotor baik dari Eropa, Jepang, Korea, dan yang terbaru adalah masuknya merek-merek kendaraan bermotor Cina di Indonesia.
“Industri kendaraan bermotor Indonesia terus
tumbuh dengan perkembangan merata yang ditunjukkan berbagai merek kendaraan
bermotor global di Indonesia, yang tidak hanya memanfaatkan pasar, namun juga
berinvestasi dan membangun basis produksinya di Indonesia. Kondisi tersebut
juga membawa pengaruh positif bagi penyelenggaraan pameran otomotif di
Indonesia, dimana GIIAS terus berkembang di setiap penyelenggaraannya sementara
tren berbeda ditunjukkan penyelenggaraan pameran otomotif dunia,” ungkap
Nangoi.
Berbeda dengan pameran otomotif tahun sebelumnya dimana GIIAS biasanya hanya berfokus pada penjualan saja. Untuk GIIAS 2024 ini merupakan langkah awal bagi pabrikan otomotif Indonesia untuk kembalinya menggunakan kesempatan pada pameran besar seperti GIIAS ini sebagai ajang untuk memamerkan teknologi, mobilitas masa depan, dan unjuk gigi dengan brand mobil lainnya.
Hal ini memang sengaja dilakukan oleh peserta
pameran mengingat banyak sekali brand mobil baru yang berdatangan dan ikut
serta pada ajang GIIAS 2024 ini terutama untuk membuktikan bahwa semakin sengit
dan seriusnya persaingan otomotif di Indonesia terutama dengan brand mobil yang
berasal dari China mengingat perkembangan mobil China secara internasional
selama kurun waktu 7 tahun ini tergolong sangat pesat dan banyak pabrikan
otomotif besar menerima tantangan dari brand mobil China secara serius terutama
dalam bidang teknologi dan ideologi dalam dunia otomotif.
GIIAS kembali memecahkan rekor peserta dimana
secara total sudah ada 55 brand yang bergabung dalam ajang pameran tahun ini
sejak pertama kali diselenggarakan sejak 1986. Anggota yang ikut terdiri dari 31
brand mobil diantaranya adalah Audi, Baic, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu,
GAC Aion, GWM, Honda, Hyundai, Jaecoo, Jetour, KIA, Lexus, Mazda,
Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Porsche, Seres,
Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, dan Wuling. 4 brand
kendaraan komersil diantaranya Fuso, Hino, UD Trucks, dan Isuzu. 3 brand
karoseri diantaranya Adi Putro, Trentem, dan Laksana. Dan 16 brand kendaraan
motor diantaranya Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Exotic, Gelis,
Harley-Davidson, Ion Mobility, Italjet, Kupprum, Motoguzzi, Pacific, Piaggio,
Polytron, Royal Alloy, Royal Enfield, Scomadi, Vespa, Vmove, Volta dan
ZPT.
Khusus untuk para pengunjung setia GIIAS 2024,
berbagai program dan penawaran juga akan dihadirkan para sponsor. Salah satu yang tidak boleh
dilewatkan adalah program Astra
Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2024 bersama FIFGROUP,
Astra Credit Companies, Toyota Astra Finance Services, Asuransi Astra, Astra
Life, AstraPay, Maucash, Moxa, SEVA dan BANK SAQU by Bank Jasa Jakarta.
Tan Chian Hok selaku Project Director Astra
Financial GIIAS 2024 mengutarakan, “Ini
merupakan keenam kalinya kami berpartisipasi secara berturut-turut di GIIAS
sejak tahun 2018. Kami dengan bangga memperkenalkan berbagai produk dan layanan
keuangan unggulan dari Astra Financial bersama 10 unit bisnis kami. Lebih dari sekadar pembiayaan, kami
menawarkan solusi menyeluruh untuk kepemilikan kendaraan, mulai dari
perencanaan, pembiayaan, hingga perlindungan.”
GIIAS 2024 ini berhasil menjadi pameran
otomotif terbesar sepamjang sejarah di Indonesia. Namun apakah GIIAS 2024 ini berhasil
menjadi pameran paling terbaik dan abadi seperti halnya GIIAS 2015 yang
berhasil menjadi living legend yang selalu dikenang? Well see and stay tuned,
guys.
Penulis:Raynaldi Rino
Editor: M Tegar Alhamsyah