Yamaha NMax Kini Debut Dengan "Turbo", Kini Harga Tembus Rp 45 Jutaan

Sumber Gambar: Antara News

Sluk Bluk Oto - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kembali melakukan perombakan pada salah satu lini skuter MAXI andalannya di pasar roda dua Indonesia, N Max. Pembaruan kali ini tidak main-main dikarenakan selain mengimprovisasi tampilannya yang semakin agresif,` kini terdapat improvisasi pada sisi performa yang dapat mempengaruhi pengalaman berkendaranya. 

Banyak yang berfikir bahwa improvisasi yang diberikan julukan "Turbo" tersebut berupa pemberian perangkat Turbo pada mesin 155cc VVA yang sudah menemani N Max sejak awal kemunculannya. Namun rupanya improvisasi tersebut terletak pada bagian CVT nya yang kini dilengkapi dengan perangkat elektronik.

Transmisi CVT baru yang diberi julukan Yamaha Electric CVT (YECVT) tersebut memiliki pembaruan yang diklaim sebagai yang pertama di dunia. Sistem YECVT tersebut merupakan pengganti sistem roller yang mengatur naik turunnya V-Belt pada pulley primer. 

Sehingga dengan digantikannya sistem roller dengan sistem elektronik tersebut, maka akselerasi N Max Turbo akan lebih cepat dari NMax standar sehingga kesan tarikan ala Turbo bisa terasa pada skutik Maxi ini.

Selain mesinnya yang semakin kencang, NMax Turbo juga tersedia 2 mode berkendara, yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri. 

T-Mode sendiri cocok digunakan untuk mobilitas harian di dalam kota, karena karakter berkendara yang lebih smooth serta efisien bahan bakar. Sedangkan S-Mode, cocok digunakan saat perjalanan jarak jauh seperti touring karena menawarkan akselerasi berkendara yang lebih responsif.

Selain adanya Riding Mode, NMax “TURBO” juga memiliki fitur lain berupa Y-Shift* yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Y-Shift sendiri mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “TURBO” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. 

Yang bikin NMax Turbo semakin spesial ialah adanya fitur layar Infotainment Display* yang informatif dan menghibur. Melalui fitur ini, pengendara dapat megkontrol pemutaran musik dari smartphone, mendapatkan informasi perkiraan cuaca, fungsi riding mode serta idikator Y-shift dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pengendara melakukan touring dan mengeksplorasi tempat-tembat baru, motor ini juga disematkan Navigation System* dari Garmin Street Cross yang dapat menampilkan peta digital dengan petunjuk arah pada layar Infotainment display.

Meskipun transmisi YECVT tersebut sudah tersematkan pada N Max Turbo, pihak Yamaha masih menjual N Max versi standar dengan julukan N Max Neo yang terntunya fiturnya tidak sebanyak N Max Turbo serta masih menggunakan transmisi CVT konvensional seperti N Max terdahulu.

Untuk harganya, Yamaha mulai menjual N Max Neo dengan harga Rp 32,7 Jutaan, lalu NMax Neo S Version dengan harga Rp 33,7 jutaan, NMax Turbo di harga Rp 37,75 jutaan, NMax Turbo Techmax di harga Rp 43,25 jutaaa, hingga yang termahal NMax Turbo Techmax Ultimate di kisaran Rp 45.25 jutaan. Harga tersebut merupakan harga OTR Jakarta.


Penulis: M Fitrah Danuarta

Editor: M Tegar Alhamsyah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama