Selama GIIAS Diadakan, Tahun 2015 Menurut Kami Masih Jadi Yang Terbaik

Sumber Gambar: 7 Events

Sluk Bluk Oto - Tidak terasa bahwa GIIAS 2024 sudah di depan mata dan sudah diadakan press conference sebanyak dua kali. Terlihat pada press conference kedua yang diadakan pada 12 Juni ini menampilkan produk apa saja yang akan dibawa oleh para ATPM pada ajang pameran ini baik mobil yang akan diluncurkan dan mobil masa depan serta mobil konsep yang dipamerkan khusus untuk pameran saja.

Terlihat dalam press comference tersebut para peserta yang ikut dalam ajang GIIAS 2024 ini sudah banyak melakukan banyak pengembangan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya dimana para ATPM akan membawa banyak mobil yang tidak pernah ada sebelumnya di Indonesia. Baik yang dijual ataupun show only saja dan memperbanyak jumlah mobil konsep dimana GIIAS tahun ini lebih berfokus pada memperkenalkan kita pada teknologi dan mobilitas masa depan jika dibandingkan dengan pameran sebelumnya dan lumayan mendekati Japan Mobility Show dan Beijing Motor Show

Meskipun langkah ini tergolong sangat baik dan sangat maju jika dibandingkan dengan pameran sebelumnya. Namun hal ini masih belum cukup untuk menggeser posisi GIIAS 2015 atau GIIAS paling pertama sepanjang sejarah dikarenakan GIIAS 2024 ini terlihat masih ada berberapa faktor yang kurang mendukung agar GIIAS 2024 ini bisa melampaui GIIAS paling pertama tersebut. 

Apa yang membuat GIIAS 2015 sangat abadi yang masih dikenang sampai sekarang hingga dinobatkan sebagai pameran Indonesia terbaik sepanjang masa? Tidak seperti halnya GIIAS 2024 yang ada berberapa merek mobil yang tidak membawa produk baru atau konsep sama sekali dan berfokus jualan, GIIAS 2015 tidak berfokus pada jualan sama sekali dan setiap peserta merek mobil hanya berfokus pada memamerkan teknologi masa depan dan mobil yang belum pernah terlihat baik yang dijual maupun tidak dijual seperti halnya Kei Car dan mobil dengan setr kiri. Dimana hal tersebut membuktikan usaha, cinta, dan semangat para peserta pameran dimana GIIAS 2015 bisa menjadi pameran kelas dunia dan tidak kalah dengan pameran otomotif pada negara maju seperti Tokyo Motor Show.

Alasan selanjutnya mengapa GIIAS 2015 bisa menjadi pameran terbaik sepanjang masa adalah pada supporting brand juga menunjukkan effort yang sangat luar biasa dan tidak malas malasan seperti GIIAS yang sekarang ini dimana pada tahun 2015 masih banyak sekali brand Importir Umum yang ikut pada ajang GIIAS tersebut dan supercar yang dibawa juga tidak tanggung tanggung. 

Selain Importir Umum, brand modifikasi seperti BRQ pada tahun 2015 juga tidak tanggung tanggung membawa Honda NSX-R NA2 dan Dodge Viper ACR-X dimana kedua mobil tersebut memiliki harga yang sangat fantastis dan hanya ada 1 unit saja di Indonesia. Hal tersebut adalah bukti nyata bahwa meskipun brand pendukung meskipun hanya sebatas bagian kecil pada pameran besar namun mereka mampu memberikan dampak yang sangat besar memberikan kontribusi pada suatu pameran agar tidak kalah dengan pameran kelas dunia.

Dan terakhir mengapa GIIAS 2015 selalu menjadi pameran hang paling abadi jika dibandingkan GIIAS 2025 adalah atmosfir baru. Memang GIIAS 2024 menjadi pameran terbesar yang pernah diadakan oleh Gaikindo yang sampai menggunakan 11 Hall namun atmosfir baru dari GIIAS 2015 ini masih belum ada yang menandinginya sampai sekarang. Apalagi mengingat bahwa GIIAS 2015 dan IIMS 2015 pada saat tersebut diadakan dalam waktu yang bersamaan setelah pecah kongsi sehingga kedua pihak pameran tersebut mengadakan kompetisi untuk membuat pameran yang lebih baik untuk menarik perhatian pengunjung sehingga GIIAS pada saat tersebut menganggap IIMS seperti lawan yang sepadan. Juga mengingat pada tahun 2015 merupakan pertama kali adanya pameran mobil di ICE BSD City dimana GIIAS menjadi pameran otomotif besar yang paling pertama sehingga memberikan atmosfir yang sangat baru pada saat tersebut apalagi mengingat biasanya pameran besar otomotif di Indonesia sebelumnya hanya ada satu saja dan baru menjadi dua sejak 2015.

Berikut alasan mengapa GIIAS 2015 menjadi pameran yang paling terbaik dan abadi sepanjang masa. Saya berharap sekali merek mobil bisa belajar dari pameran tersebut dan bisa memberikan effort agar bisa membuat GIIAS yang lebih baik atau kalau bisa terbaik dari sebelumnya dengan GIIAS 2015 ini. Saya sangat berharap para merek mobil bisa membawa sesuatu yang baru dan tidak hanya berfokus pada jualan saja mengingat jualan bisa dilakukan pada pameran kecil seperti di mall atau di showroom dan bukan pada pameran besar tahunan seperti GIIAS. Mengingat bahwa GIIAS menjadi momen yang tepat untuk bersaing dengan merek mobil lain dan memamerkan teknologi dan mobilitas masa depan otomotif.


Penulis: Raynaldirino

Editor: M Tegar Alhamsyah


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama