Ini Alasan Mengapa Suzuki Indonesia Hobi Impor Mobil Dan Motor dari India

Sumber Gambar: Autocar India

Sluk Bluk Oto - Sejak Karimun Estilo pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2007, Suzuki Indonesia sepertinya benar-benar ketagihan mengimpor secara utuh mobil dan motor dari negeri Bollywood alias India.

Saat ini saja, 4 dari 8 model mobil Suzuki merupakan hasil rakitan Maruti Suzuki India seperti Jimny 5 doors, Baleno, S-Presso, dan Grand Vitara. Bahkan beberapa produk mobil Suzuki Indonesia terdahulu seperti Ignis, Ertiga Diesel, dan Splash juga merupakan hasil impor dari India.

Tidak hanya mobil saja, bahkan sepeda motor pun juga tidak luput dari paparan produksi Suzuki seperti Avenis 125, Burgman 125EX, Gixxer SF 250, dan V Strom 250 SX, meskipun Pabriknya yang berlokasi di Tambun juga masih aktif memproduksi sepeda motor untuk pasar lokal dan ekspor.

Banyaknya model Suzuki Indonesia saat ini yang di impor secara utuh dari India tentunya mengandung beberapa alasan yang dapat mendukung keberlangsungan bisnis Suzuki Indonesia saat ini.

Dikutip dari detik, salah satu alasan Suzuki Indonesia bergantung pada Maruti Suzuki India dalam hal produksi produk kendaraannya dikarenakan harga jual produk yang bisa lebih ditekan sehingga bisa lebih kompetitif jika dibandingkan dengan impor dari Jepang ataupun Thailand.

Memang diketahui, India dikenal sebagai salah satu negara dengan biaya tenaga kerja yang relatif rendah dibandingkan dengan negara lain, termasuk Indonesia. Hal ini memungkinkan pabrik-pabrik di India untuk memproduksi kendaraan dengan harga yang lebih kompetitif.

Dengan biaya produksi yang lebih rendah, Suzuki Indonesia dapat menjual kendaraan di pasar lokal dengan harga yang lebih terjangkau, sekaligus mempertahankan margin keuntungan yang sehat.

Tidak hanya itu saja, Maruti Suzuki India juga memiliki beberapa pabrik yang memiliki kapasitas produksi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan Indonesia. Sehingga dengan skala produksi yang masif, Maruti Suzuki mampu mengekspor kendaraan dalam jumlah besar ke berbagai negara, termasuk Indonesia.

Masuknya berbagai macam model Suzuki Indonesia dari India ke Indonesia juga merupakan strategi global yang diterapkan oleh Suzuki Global saat ini. Strategi tersebut ialah dengan meningkatkan efisiensi operasional dengan memanfaatkan pabrik-pabrik yang ada di berbagai negara. India, dengan kapasitas produksi besar dan biaya produksi yang rendah. Sehingga, hal tersebut dapat menanggulangi biaya produksi lokal yang mungkin lebih tinggi dan fokus pada distribusi serta pemasaran di pasar Indonesia.


Penulis: M Tegar Alhamsyah

Editor: Satwika

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama