CATL Perkenalkan Baterai Kendaraan Listrik Yang Bisa Tahan Sampai 1.5 Juta Kilometer

Sumber: Car News China

Sluk Bluk Oto - Salah satu perusahaan terkemuka pemasok komponen bateri untuk kendaraan listrik, Contemporary Amperex Technology Co. Limited (CATL) telah memperkenalkan baterai yang memiliki daya tahan tergolong sangat badak pada saat ini.

Dimana, daya tahan baterai tersebut diklaim mampu membuat masa pakai kendaraan listrik hingga 1.5 juta kilometer atau 15 tahun masa pakai. Baterai yang berjuluk Tianxing-B (Tectrans-B) akan memiliki garansi yang cukup panjang, yakni 10 tahun masa pakai atau 1 juta kilometer. 

Selain itu, baterai tersebut juga sudah lolos uji tahan air standar IP69, dimana pengujian tersebut dilakukan dengan mencelup baterai ke dalam air selama 72 jam dan berakhir tidak terjadi apa-apa sehingga baterai tersebut dinilai aman bila digunakan walaupun saat banjir.

Rencananya, baterai tersebut akan digunakan pada Bus listrik yang setiap harinya memang menempuh jarak cukup jauh bagi kendaraan listrik berbasis baterai. Pihak CATL juga sudah menjalin kerjasama dengan beberapa pabrikan bus lokal seperti Dongfeng, Golden Dragon, Yutong Bus,dan lain sebagainya.

Sekedar informasi, CATL memiliki hampir 50% pangsa pasar dalam penjualan baterai kendaraan listrik pada tahun 2024 (Januari-Agustus) di Tiongkok. Baterai mereka juga memberi daya pada lebih dari 385.000 bus di seluruh dunia, menurut klaim perusahaan tersebut.

CATL juga mengumumkan bahwa produksi massal baterai Tianxing-B akan segera dimulai tanpa memberikan rincian tambahan mengenai spesifikasi lebih lanjutnya.


Penulis: Hanan

Editor: M Fitrah Danuarta



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama