Paus Fransiskus Lebih Memilih Naik Toyota Innova Zenix Selama di Indonesia

Sumber Gambar: Istimewa

Sluk Bluk Oto - Pada Selasa (3/9). pemimpin umat Katolik dunia sekaligus pemimpin negara Vatikan, Paus Fransiskus, telah tiba di Indonesia guna melaksanakan kunjungan kerohanian. Dalam rangkaian perjalanannya, Paus Fransiskus ternyata tidak-muluk-muluk dalam hal transportasi.

Sejak lepas landas dari Roma Itali, Paus Fransiskus lebih memilih untuk mengggunakan pesawat komersil dibandingkan pesawat pribadi. Kesederhanaan terrsebut juga terpancar ketika pemimpin suci Katolik tersebut sampai di Indonesia. Terlihat ia lebih memilih untuk menaiki Toyota Innova Zenix sebagai kendaraan dinasnya, alih-alih mobil mewah seperti Mercedes-Benz S-Class atau Toyota Land Cruiser.

Pemandangan tersebut benar-benar menarik perhatian publik dikarenakan statusnya menjadi salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia saat ini yang justru tidak berminat untuk mengendarai mobil mewah yang memiliki kenyamanan dan keamanan lebih sesuai dengan protokol pemimpin negara pada umumnya.

Toyota Innova Zenix yang dikendarai Paus Fransiskus tersebut juga bukan merupakan tipe tertinggi, yakni tipe V Hybrid yang sudah dilengkapi bodykit Modellista. Terlihat, Innova Zenix tersebut juga sudah dilengkapi pelat SCV1 dan bendera Indonesia dan Vatikan yang menambah kesan resmi pada mobil tersebut.

Diketahui, Paus Fransiskus melakukan serangkaian kegiatan di Jakarta mulai hari ini hingga 6 September 2024 mendatang. Pada 4 Agustus 2024, Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Istana Negara bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hari yang sama, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi Gereja Katedral.

Kemudian, keesokan harinya pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Panitia mengimbau umat Katolik yang tidak memiliki tiket untuk menyaksikan misa secara live streaming.

Toyota Indonesia Mengaku Bangga

PT Toyota Astra Motor (TAM), memberikan tanggapan yang positif tentang Innova Zenix yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama perjalanannya di Indonesia. Menurut Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director Toyota Astra Motor, pihaknya sangat mengapresiasi keputusan Paus Fransiskus untuk menggunakan Kijang Innova Zenix. 

Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Terlebih lagi Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) lebih dari 80%.

Namun, ia mengatakan bahwa keputusan Paus Fransiskus mengendarai Innova Zenix sebagai kendaraan dinasnya selama di Indonesia bukan atas kehendak pihak TAM, melainkan dari pihak protokoler pemerintah dengan alasan kesederhanaan yang dipegang teguh oleh Paus Fransiskus.


Penulis: M Tegar Alhamsyah

Editor: WIlliam Surjana


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama